Sukses

Terungkap, Laba-Laba Bisa Mendengar Lewat Kaki

Walau laba-laba bisa mendengar lewat kaki, di bagian tubuh itu sama sekali tidak ditemukan adanya telinga.

Liputan6.com, New York - Fakta baru terungkap. Ternyata laba-laba bisa mendengar lewat delapan kakinya.

Bukan cuma mendengar. Hebatnya kaki-kaki dari laba-laba juga bisa mendeteksi perkataan tak hanya hewan namun pula dari manusia.

Fakta tersebut disampaikan oleh arachnologi atau ahli laba-laba dari Amerika Serikat, Paul Shamble. Peneliti Universitas Cornell ini mengatakan, laba-laba bisa menangkap suara melalui kakinya dari jarak beberapa meter.

Namun, uniknya meski bisa mendengar dengan kakinya, sama sekali tak ada telinga di bagian tubuh tersebut.

"Jadi secara mengejutkan, kami menemukan bahwa hewan ini punya kemampuan mendengar," sebut Shamble, seperti dikutip dari emirates 24/7, Sabtu (15/10/2016).

"Mereka bisa mendengar dari jarak sangat jauh lebih dari yang kita pikir, meski tak punya telinga dan tentunya gedang telinga tapi banyak hewan serupa yang punya kemampuan mendengar seperti ini," papar dia.

Shamble punya menyatakan, dari penelitiannya, pendengaran laba-laba di kakinya mereka dapatkan melalui bulu-bulu halusnya.

"Oleh sebab itu, saya tidak yakin bahwa orang-orang senang laba-laba bisa mendengar sama seperti kemampuan melihatnya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.