Sukses

Albert Park, 'Saksi Bisu' Debut Rio Haryanto di Australia

Satu pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto pernah mengaspal di ajang F1 di Australia ini. Meski gagal finish.

Liputan6.com, Melbourne - Salah satu taman di Australia yang belakangan pamornya melonjak adalah Albert Park. Keberadaannya menjadi sorotan karena pernah digunakan sebagai sirkuit balapan Formula One (F1) GP Australia.

"Albert Park merupakan salah satu taman yang paling sering dikunjungi wisatawan. Setiap tahun setidaknya ada tujuh juta pengunjung yang datang...," ujar Acting Director Customer Experience, Tony Varcoe, kepada Liputan6.com dalam wawancara kerja sama dengan ABC International pada akhir September lalu.

Lahan hijau di Albert Park. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Satu pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto pernah mengaspal di ajang tersebut. Namun sayang, ia tak menyabet gelar juara karena mengalami masalah dengan mobil yang digunakannya.

Taman itu menjadi saksi bisu debut Rio di ajang F1 2016. Ia menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di gelaran tersebut pada 20 Maret 2016. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pembalap Tanah Air tampil di panggung tertinggi balap mobil internasional, F1.

Manor Racing mengumumkan Rio dicopot sebagai pembalap utama di paruh kedua musim balap F1 musim ini pada Rabu (10/8/2016). Tim asal Inggris lantas mengkonfirmasi posisinya digantikan Esteban Ocon, pembalap muda Renault. (AFP PHOTO/Patrik Stollarz)

Saat gelaran F1 itu, salah satu area di Albert Park di sulap menjadi lintasan balap. Informasi yang diperoleh Liputan6.com, sisi-sisinya dipasangkan pagar tak permanen. Pun demikian dengan bagian luar taman tersebut.

Pengelola taman menggunakan bagian jalanan sepanjang 5,3 km yang mengelilingi Danau Albert Park untuk menjadi lintasan balap ajang F1 tersebut.

"Biasanya sebulan jelang balapan pagar-pagar pembatas sudah mulai dipasang. Untuk jalanan di area taman sendiri baru ditutup Kamis, sebab Jumat sudah free practice," salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Melbourne, Indria mengungkap aktivitas yang di Albert Park jelang F1 GP Australia.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di taman seluas 226 hektar itu. Anda bisa bermain golf, berenang, jogging di sepanjang danau atau lahan berumput hijau nan indah.

Danau di Albert Park. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Selain itu, bersantai di danau yang tenang sambil memotret juga bisa dilakukan di sana. Pengelola danau juga menyewakan perahu yang dapat digunakan untuk menyusuri sekitar danau.

Berikut ini cuplikan video kunjungan Liputan6.com di Albert Park:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.