Sukses

Uruguay Buka Kedutaan di Jakarta Tahun Depan

Lawatan Menteri Luar Negeri Uruguay Rodolfo Nin Novoa ke Jakarta 'melahirkan' sejumlah kesepakatan.

Liputan6.com, Jakarta - Lawatan Menteri Luar Negeri Uruguay Rodolfo Nin Novoa ke Jakarta 'melahirkan' sejumlah kesepakatan. Salah satunya, soal pembukaan kedutaan besarnya di Indonesia.

Kepastian tersebut disampaikan Novoa setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi. Dalam keterangannya sesuai bertemu Novoa, Retno menjelaskan pembukaan kedutaan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Dalam kunjungan kali ini menlu Uruguay tahun depan akan buka kedubes di Jakarta," sebut Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Selasa (11/10/2016).

Pembukaan kedutaan Uruguay di Jakarta, menurut Retno adalah suatu hal yang begitu baik. Sebab, dengan adanya perwakilan tetap tersebut, maka hubungan bilateral kedua negara akan terus menguat.

"Tentunya Indonesia sangat sambut baik pembukaan kedubes Uruguay di Indonesia," ucap perempuan yang sempat menjabat sebagai Dubes RI untuk Norwegia tersebut.

Menambahkan pernyataan dari Retno, jubir Kemlu Arrmanatha Nasir menyebut Kedutaan Besar Uruguay di Jakarta pastinya sangat berguna bagi negara tersebut. Sebab, bukan cuma hubungan dengan RI yang meningkat, relasi bersama ASEAN juga dipastikan menguat.

"Itu menunjukkan keinginan Uruguay untuk tingkatkan hubungan tidak hanya dengan Indonesia tapi juga ASEAN," sebut dia.

Selain itu, manfaat hadirnya Kedutaan Uruguay di Jakarta, Indonesia akan semakin terhubung dengan organisasi multilateral Amerika Selatan, MERCOSUR.

Terkait waktu tepat kapan perwakilan tersebut dibuka, Tata belum memberikan tanggal pasti. Pasalnya, masih ada sejumlah proses yang musti dijalani sebelum kedutaan tersebut beroperasi.

"Belum kita pastikan kita masih, tergantung kesiapan mereka ada aspek administrasinya logistiknya dan lain sebagainya," pungkas Menlu Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini