Sukses

Sensasi Bercengkerama dengan Hewan Khas Australia

Ada sekitar 29 hewan di tempat penangkaran tersebut. Salah satu hewan Australia yang menjadi primadona adalah kanguru.

Liputan6.com, Melbourne - Jika Anda berencana berlibur ke Australia, tempat penangkaran binatang khas Negeri Kanguru ini patut masuk di dalam daftar wisata. Berada di Melbourne, Healesville Sanctuary Park memiliki keunikan tersendiri, sebab di dalamnya hanya ada binatang native yang sengaja dilestarikan di tempat itu.

"Saya suka suasana alam di kebun binatang ini, sangat natural. Ada sarana edukasi untuk binatang yang nyaris punah juga di sini, seperti tentang binatang platipus dan wombat," ujar Jake, salah satu pengunjung Healesville Sanctuary Park dari Adelaide kepada Liputan6.com saat berkunjung ke tempat tersebut beberapa waktu lalu.

"Kebun binatang ini bagus. Saya senang melihat wombat dan platipus di sini," imbuh Emily, pengunjung lainnya.

Burung Emu di Healesville Sanctuary Park. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Menurut informasi yang diperoleh Liputan6.com, Healesville Sanctuary Park sangat berkomitmen melindungi hewan-hewan yang hampir punah di Australia. Di antaranya adalah Mountain Pygmy-possum, Southern Corroboree Frog, Tasmania, wombat dan platipus.

Ada sekitar 29 hewan di tempat penangkaran yang terletak di Melbourne itu. Salah satu hewan Australia yang menjadi primadona adalah kanguru.

Kanguru di Healesville Sanctuary Park. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Red Kangoroo atau kanguru merah menjadi yang paling mencuri perhatian para pengunjung. Sebab memiliki warna bulu agak kemerahan dan postur tubuh yang lebih besar dari sejenisnya.

"Boxing kangoroo yang terkenal sebagai maskot Australia itu adalah dari jenis red kangoroo. Tubuhnya lebih besar dari sejenisnya," ujar Catherine, salah satu perawat kanguru di Healesville Sanctuary Park kepada Liputan6.com yang tengah berkunjung atas kerja sama tim ABC News International pada pertengahan September lalu.

"Di sini para pengunjung yang beruntung bisa memegang kanguru, memberi makannya juga," imbuh Catherine.

Tasmanian Devil di Healesville Sanctuary Park. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Selain wombat, kanguru, tasmania, koala dan platipus, hewan asal Australia lain yang ada di Healesville Sanctuary Park seperti Alphine She-oak Skink, Barking Owl, Black Kite, Black-breasted Buzzard, Black-headed Python, Brush-tailed Rock Wallaby, Dingo, Eastern Bearded Dragon, Echidna, burung Emu, Guthega Skink, Helmeted Honeyeater, Koala, Lace Monitor, Leadbeater’s Possum, Long-billed Corella, Lyrebird, Mountain-Pygmy-Possum, Northern Corroboree Frog, Orange-bellied Parrot.

Lalu ada juga red-tailed Black Cockatoo, Spotted Tree Frog, Sulphur-crested Cockatoo, water Rat dan Wedge-tailed Eagle.

Berikut video cuplikan jelajah Healesville Sanctuary Park Liputan6.com yang bekerja sama dengan ABC International:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.