Sukses

Iran Sukses Uji Tembak Alat Angkut Satelit

Iran berhasil menguji tembak sebuah alat angkut satelit berbahasa Arab yang diberi nama Kavoshgar 3. Iran juga akan membuka selubung satu alat pendorong roket yang bisa membawa satelit.

Liputan6.com, Teheran: Iran sukses menguji tembak sebuah alat angkut satelit berbahasa Arab yang diberi nama Kavoshgar 3. "Iran telah berhasil melakukan uji tembak alat angkut satelit Kavoshgar 3," kata laporan media setempat di Teheran seperti dilansir ANTARA, Rabu (3/2). Sebelumnya, televisi negara tersebut memberitakan bahwa Iran akan membuka selubung tiga satelit baru dan satu alat angkut satelit.

TV Press Iran yang berbahasa Inggris mengatakan bahwa Iran akan membuka selubung satu alat pendorong roket yang bisa membawa satelit. Laporan televisi negara lainnya mengatakan, alat angkut satelit Simorgh berbobot 87 ton itu memperlihatkan panjang satelit tersebut.

Sekadar informasi, Iran meluncurkan sebuah satelit buatan dalam negeri ke dalam orbit untuk pertama kalinya tahun silam. Ini adalah satu tahap yang membuat sejumlah negara "Laut Barat" cemas jika Iran berupaya membangun bom nuklir dan sistem pengiriman rudal. Kendati demikian, pemerintahan Iran mengatakan bahwa program nuklirnya hanya untuk membangkitkan tenaga listrik. Dan peluncuran satelit Omid tahun lalu adalah untuk telekomunikasi damai dan keperluan riset.(ASW/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.