Sukses

Heboh Foto Artis Matt Damon dari Tahun 1961, 'Manusia Abadi'?

Liputan6.com, Seattle - Mungkinkah seseorang hidup dalam dua zaman yang berbeda? Pertanyaan itu diajukan pada artis Hollywood Matt Damon.

Seorang pengguna Reddit mengunggah foto pernikahan ayahnya yang parasnya sangat mirip dengan Matt Damon.

Padahal, pernikahan itu terjadi pada 1961. Ini berarti, ayahnya kira-kira berusia 75 tahun.

Mulai dari lesung pipit hingga garis rambut dan senyumnya, pria dari Seattle di negara bagian Washington, Amerika Serikat, tersebut benar-benar mirip dengan Matt Damon.

Dikutip dari Daily Mail pada Sabtu (8/10/2016), pengguna Reddit dengan nama akun 'Coffeeandtrout' itu menjelaskan, "Pernikahan orangtua saya pada Februari 1961. Menurut saya, ayah mirip dengan Matt Damon."

Menurutnya, foto diambil di 'pinggiran Seatle' dan orangtuanya berbahagia dalam pernikahan hingga akhirnya sang ibu meninggal dunia setahun lalu.

"Ayah masih mencoba menyesuaikan diri. Mereka hebat sekali sebagai pasangan."

Gambar unggahan itu membuat beberapa orang heboh dan menjadi yakin bahwa itu memang Matt Damon yang menikah dengan Luciana Barroso. Bahkan ada dugaan foto itu memang diunggah oleh artis itu sendiri.

Sejumlah netizen menuding aktor asal Amerika Serikat itu sebagai penjelajah waktu bahkan 'manusia abadi'.

Akun bernama 'Duders' berceloteh, "Hasil uji DNA sudah datang…kamu adalah Matt Damon!"

Seorang pengguna akun 'Throwingfurtheraway_' bertanya, "Apakah kamu…apakah kamu Matt Damon?"

Matt Damon diduga memiliki kemiripan dengan seorang pria dari Seattle. (Sumber bustle.com)

Namun demikian, pengunggah foto bersikeras bahwa ia ataupun ayahnya bukanlah aktor itu karena dua-duanya sudah lebih tua dari Matt Damon yang berusia 45 tahun.

Ia mengatakan bahwa ayahnya setinggi 1,8 meter pada hari pernikahannya, tapi sekarang hanya 1,78 meter -- tetap masih lebih tinggi daripada Damon yang diduga hanya setinggi 1,75 meter.

Sejumlah pengguna Reddit melontarkan pujian mereka. 'Rapturecity113' menulis, "Tidak mungkin kamu berparas jelek karena memiliki orangtua seperti itu."

'ForkedUpChief' membandingkan wanita dalam foto itu dengan Elizabeth Taylor dan berseloroh, “Semoga kamu diturunkan gen itu."

'Coffeeandtrout' menanggapi pujian tentang penampilan orangtuanya yang menarik. Pria itu mengaku telah mengacaukan 'gen-gen'  itu dengan tembakau, alkohol, ganja, dan memancing'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para 'Manusia Abadi'

Bukan kali ini saja foto-foto para pesohor punya kemiripan dengan manusia pada masa lalu.

Ada yang menganggap, mereka adalah doppelganger atau kembaran orang-orang ternama itu. Tapi, sejumlah orang mengira, jangan-jangan para pesohor tersebut memiliki kehidupan abadi, vampir, atau merupakan penjelajah waktu (time traveller).

Kepala negara Rusia, Vladimir Putin diduga memiliki kehidupan yang abadi. Dugaan ini muncul setelah sejumlah foto-foto kuno yang mirip dengan sang presiden ditemukan.

Komunitas pendukung teori konspirasi meyakini bahwa kepala negara Rusia itu telah hidup selama lebih dari 100 tahun.

Disclose.tv, situs pengungkapan penampakan UFO mengunggah sejumlah foto Putin dengan keterangan, 'Foto-foto dari 1920 dan 1941'.

Gara-gara foto ini Vladimir Putin dianggap sebagai manusia abadi yang memiliki mesin waktu.

Gambar-gambar itu telah beredar di jejaring sosial, yang diklaim adalah gambaran Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pendukung teori bahkan telah mengedarkan anggapan bahwa Putin adalah mahakuasa dan kekal yang telah hidup di muka Bumi selama ratusan atau ribuan tahun lamanya.

Beberapa bahkan percaya Putin adalah Vlad the Impaler, yang lahir pada 1431 atau dikenal sebagai Dracula.

Juni lalu, Buzzfeed menuliskan bahwa Putin diduga pernah hidup sebagai Lisa Gherardini, subyek yang dipakai Leonardo da Vinci melukis Monalisa. Putin dianggap makhluk yang bisa melakukan time traveling, sehingga bisa kembali ke masa lalu untuk dilukis.

Namun, tak satu pun klaim terbukti secara sains. Baik Putin maupun Kremlin ogah berkomentar soal itu.

Sementara, foto seseorang yang mirip dengan Nicholas Cage dengan cepat menjadi viral ketika penjual e-Bay dengan nama akun Jack_mord melelang foto dari era Perang Saudara Amerika, pada 2011 lalu.

Menurut penjual, foto tersebut diambil pada tahun 1870 di Bristol, Tennessee. (Oddee.com)

Bersamaan dengan foto tersebut, ia menyatakan bahwa orang di dalam foto sangat mirip dengan aktor peraih Oscar itu.

Bintang film Matrix, Keanu Reeves juga dianggap memiliki kehidupan yang abadi setelah foto seseorang yang mirip dengannya muncul di internet.

Pada foto pertama adalah seseorang bernama Paul Monet yang lahir pada tahun 1847.  (Oddee.com)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.