Sukses

Banjir Rusak Ribuan Rumah

Banjir dan tanah longsor hingga kini terus menerjang wilayah Cusco, Peru. Akibatnya, ribuan rumah dan jembatan hanyut terbawa arus. Korban tewas sudah mencapai 20 orang.

Liputan6.com, Cusco: Banjir dan tanah longsor hingga Senin (1/2) terus menerjang wilayah Cusco yang terletak sekitar 570 kilometer dari ibu kota Peru, Lima. Akibatnya, ribuan rumah dan jembatan ikut hanyut terbawa arus. Kerugian diperkirakan mencapai lebih dari US$ 250 juta atau Rp 2,3 triliun. Sementara jumlah korban jiwa terus bertambah mencapai 20 orang.

Tak hanya di Cusco, bencana ini juga terjadi di sejumlah wilayah lainnya, seperti Puno, Apurimac, serta Huancavelica. Selain membuat warga kehilangan tempat tinggal, banjir serta tanah longsor juga menimbulkan kerugian besar, terutama di industri pariwisatanya. Pendapatan yang didapat dari sektor itu mencapai US$ 1 juta per hari.

Sejauh ini, pemerintah telah mengirimkan bantuan seberat 243 ton ke wilayah yang terkena dampak banjir. Sedangkan 100 ton bantuan tambahan akan segera dikirimkan ke wilayah tersebut dalam beberapa hari ke depan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini