Sukses

Hillary: Trump Sebut Perempuan Kaum Pemalas

Hillary bertarung melawan Trump dalam debat pertama calon Presiden AS. Ia menuding lawannya sebagai sosok tak menghormati perempuan.

Liputan6.com, New York - Dalam debat pertama pilpres Amerika Serikat, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berulang kali mencela lawannya, Hillary Clinton.

Tak mau tinggal diam, Hillary membalas kritikan Trump. Ia menyebut miliarder tersebut sebagai seorang yang tak menghormati perempuan.

"Pria ini adalah orang yang menyebut wanita seperti hewan dan pemalas," ucap Hillary, Selasa (27/9/2016).

Menurut Hillary, pernyataan Trump yang paling tidak bisa ia terima adalah saat pebisnis itu menghina seorang public figure, Alicia Machado.

Saat itu, Trump menghina Machado yang memenangi Miss Universe 1996. Ia menyebut perempuan keturunan Venezuela ini sebagai "Miss Piggy".

"Saat ini (Machado) adalah warga AS, jadi dia akan menggunakan hak pilihnya pada November ini," sebut Hillary.

Sebelumnya, Hillary juga melempar kritikan kepada Trump soal isu pajak. Mantan Menlu AS ini bahkan menjadikan persoalan itu sebagai senjata utama menyerang sang rival.

"Anda harus bertanya, mengapa ia tidak merilis data pajaknya? Mungkin dia tidak sekaya yang dia katakan. Mungkin dia tidak semurah hati yang dia klaim. Yang ketiga...dia meminjam US$ 600 juta dari bank asing...atau mungkin dia tidak ingin rakyat Amerika dan semua yang menyaksikan tahu bahwa ia tidak pernah membayar pajak," ujar Hillary di atas panggung

Sementara itu, Trump menjawab singkat tudingan Hillary soal ia tidak pernah membayar pajak federal selama beberapa tahun.

"Itu membuat saya cerdas," jawab Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.