Sukses

Weekly Hightlights: Head- to-Head Hillary Vs Trump

Debat calon presiden Amerika Serikat berlangsung dengan irama tinggi bahkan sejak dimulainya. Seru.

Liputan6.com, Jakarta - Debat 2 calon presiden Amerika Serikat berlangsung pada Selasa pagi WIB. Debat itu disaksikan sekitar 100 juta warga AS ditambah dengan jutaan lainnya di luar AS.

Di balai pertemuan Hoftra University, Hampstead, New York, dua kandidat presiden memaparkan cara pencapaian kesejahteraan warga, masalah keamanan, dan arah perjalanan bangsa AS.

Peperangan di Suriah seakan belum akan surut. Pada Jumat dan Sabtu lalu, pihak tentara pemerintah Suriah dibantu oleh sejumlah pesawat tempur Rusia melakukan pengeboman di Aleppo. Bombardir ini dianggap yang paling gencar dan bahkan melibatkan penggunaan bom pemusnah bunker.

Gencarnya serangan menghalangi perbaikan kerusakan pompa air Bab al-Nayrab yang menyediakan air bagi 250 ribu penduduk. Kemudian, pompa air Suleiman al-Halabi malah sengaja ditutup, sehingga total penduduk yang tidak mendapatkan akses air ada 1,75 juta jiwa.

Dua kabar tersebut mengisi segmen 'International Affairs' kali ini.

Segmen 'What’s On Indonesia' diisi dengan serunya pengajuan calon gubernur DKI Jakarta yang selama ini digelayuti sejumlah pertanyaan besar.

Terpilihnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono mencuatkan peta persaingan yang menarik.

Apalagi karena tiga paket pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu kemudian dipandang sebagai kepanjangan dari persaingan tiga kubu, yaitu Megawati, Prabowo, dan SBY.

Banjir bandang melanda Garut sejak Selasa, 20 September 2016 lalu. Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria, mengatakan hujan deras yang terjadi sejak pukul 19.00 WIB menyebabkan arus Sungai Cimanuk yang berada di sekitar Kota Garut meluap.

Banjir bandang di Garut memaksa lebih dari 6.300 orang mengungsi. Pendataan sementara dari BNPB menunjukkan bahwa lebih dari 2.000 rumah mengalami kerusakan. Setidaknya sebanyak 32 orang dinyatakan meninggal dunia dan 20 orang masih dinyatakan hilang.

Sebuah jembatan penyeberangan orang (JPO) ambruk di kawasan Pasar Minggu. Setidaknya ada 3 orang tewas terkait kecelakaan tersebut. Ada sejumlah dugaan penyebab runtuhnya JPO tersebut, misalnya karat yang terjadi pada tulang besi sebagai kerangka JPO.

Sejumlah pihak menyebutkan pemasangan papan iklan yang menjadi beban tambahan pada JPO, apalagi dengan adanya hembusan angin yang menerpa papan iklan tersebut. Namun demikian, pihak Puslabfor Mabes Polri tidak ingin terlalu cepat menyimpulkan sebelum penyidikan forensik selesai

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan adanya kecenderungan praktik mafia pemasangan iklan-iklan pada JPO oleh pihak swasta. Ia mengaku tidak bisa berbuat banyak selama kontrak dengan pihak-pihak swasta masih berlaku.

Segmen ‘Trending Topic’ berisi tentang berakhirnya 'Brangelina'—pasangan Brad Pitt dan Angelina Jolie yang selama pernikahannya dianggap memiliki kemesraan yang langka di kalangan Hollywood. Ternyata masa lalu keduanya tidak terlalu cemerlang dan masih terseret ke masa kini.

Masih dari dunia hiburan, setelah kelimpungan dihajar terbitan online tampilan wanita-wanita telanjang yang selama ini menjadi bahan suguhan majalah Playboy, majalah legendaris itu akhirnya menyerah dan mengubah dirinya. Edisi baru majalah dewasa itu bahkan menampilkan wanita berhijab.

Hari Kemerdekaan Afghanistan jatuh pada tanggal 19 Agustus dan mengacu kepada Perjanjian Inggris-Afghan pada 1919.

Duta Besar Afghanistan, Roya Rahmani, menjelaskan tentang pencapaian bangsanya setelah lepas dari cengkeraman Taliban. Menurutnya, telah terjadi peningkatan peran kaum wanita dan kebebasan pers yang disebutnya paling tinggi di kawasan.

Kedutaan Besar Australia dan Ruang Rupa mengadakan proyek kolaborasi di bidang seni digital berupa kompetisi bertajuk Modern Conference atau dikenal dengan ModCon yang merupakan bagian dari Festival Jakarta 32°C.

Tujuan diadakannya ModCon adalah untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara di bidang kreatif, terutama pada seni digital.

Tidak lupa, China memperingati Hari Nasional pada 26 September 2016. Pada 1 Oktober 1949, pihak Komunis mendeklarasikan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok di Lapangan Tiananmen.

Menurut Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng, dalam 67 tahun ini negaranya bergerak melewati era kemiskinan dan keterbelakangan.

China telah menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, bangsa dengan perdagangan terbesar, dan investor terbesar kedua.

Tiga laporan ini merupakan bagian dari ‘Embassy Corner’ untuk Weekly Highlights kali ini.

Saksikan videonya: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.