Sukses

Ini 10 Helikopter Serbu Paling 'Sangar' di Muka Bumi

Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor.

Liputan6.com, Jakarta Secara keseluruhan, ada 27 helikopter serbu militer di seluruh dunia hingga saat ini. Tapi, helikopter serbu mana yang terbaik sekarang?

Situs Wonderlist.com yang dikutip pada Sabtu (24/9/2016) membuat daftar 10 helikopter serbu termaju sedunia.

Analisis yang dilakukan didasarkan kepada kombinasi penilaian unjuk kerja, kecepatan, perlindungan, keuletan, kemampuan daya tembak, dan avionik.

Daftar ini hanya berisi helikopter serbu terbaik yang sedang dipakai saat ini:

1. Mil Mi-24 Hind (Rusia)

Mi-24 Hind. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Mi-24 adalah salah satu helikopter meriam, tempur, dan serbu paling dikenal di seluruh dunia. Saat ini dipakai oleh 50 kesatuan udara.

Produksi Mi-24 sudah dihentikan pada 1991, tapi helikopter ini dipandang sebagai helikopter serbu yang terbaik dan paling maju yang pernah dibuat.

Mi-24 dilengkapi dengan meriam kembar 23-mm dan membawa rudal-rudal anti-tank 9M17P Skorpion (AT-2 Swatter) dan 9M114 Shturm (AT-6 Spiral).

2. Boeing AH-64D Longbow Apache (Amerika Serikat)

 Boeing AH-64D Longbow Apache. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Helikopter empat bilah Boeing AH-64 Apache ini dikenal sebagai penguasa dan pemilik sistem senjata anti lapis baja paling digdaya dalam Perang Teluk.

Versi terkininya adalah AH-64E Apache Guardian yang hingga 2012 masih disebut dengan AH-64D Block III.

AH-64 Apache memiliki sebuah meriam M230 dan membawa 16 rudal anti-tank AGM-114L Hellfire 2, 4 rudal Stinger, Mistral untuk 2 rudal udara-ke-udara AIM-9 Sidewinder atau 2 rudal anti radar AGM-122 Sidearm dan selongsong roket 19-tembakan Hydra 70.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembawa Rudal

3. Agusta A129 Mangusta (Italia)

Agusta A129 Mangusta. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Helikopter ini merupakan helikopter serbu pertama yang dibuat di Eropa Barat. Agusta A129 Mangusta merupakan salah satu helikopter serbu paling canggih.

Agusta A129 Mangusta memiliki dua tempat duduk dan dua mesin. Ia dirancang khusus untuk peran anti-lapis baja.

Helikopter ini memiliki satu laras meriam 20-mm dan bisa menggendong serenteng senapan mesin 12,7-mm. Bisa juga untuk membawa 8 rudal anti-tank TOW-2A, 50 roket Medusa 70-mm atau 81-mm.

4. Denel AH-2 Rooivalk (Afrika Selatan)

Denel AH-2 Rooivalk. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Rooivalk helikopter serbu generasi baru dari Denel Aviation di Afrika Selatan.

AH-2 Rooivalk dapat membawa sejumlah jenis senjata tergantung kepada tugasnya. Ia dilengkapi dengan meriam 20-mm Armscor dan mengangkut 4 x 4 peluncur roket untuk TOW atau rudal anti-tank Denel ZT-6 Mokopa.

Ia juga membawa peluncur roket 70-mm roket biasa jika sedang tidak membawa rudal.

3 dari 5 halaman

Kokpit Bertingkat

5. Z-10 (China)

Z-10. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Z-10 adalah helikopter baru China dan dikhususkan sebagai helikopter serbu. Ia diduga satu kelas dengan A-129 Mangusta dan AH-2 Rooivalk.

Pesawat ini memiliki konfigurasi pesawat meriam berbadan sempit dengan kokpit tandem bertingkat.

Z-10 memiliki sepucuk meriam 30-mm dan membawa rudal anti-tank HJ-9 atau HJ-10, rudal udara-ke-udara TY-90 dan selongsong roket biasa.

6. Eurocopter Tiger (Prancis & Jerman)

Eurocopter Tiger. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Sebagai salah satu helikopter serbu termaju, Eurocopter Tiger sekarang dipakai oleh angkatan udara Jerman dan Prancis. Helikopter ini pertama kali berdinas pada 2003.

Helikopter empat-bilah dengan dua mesin ini memiliki sepucuk meriam 30-mm dan membawa 8 rudal anti-tank HOT 2, HOT 3 atau Trigat 2, sebanyak 4 rudal udara-ke-udara jarak pendek Stinger 2 atau Mistral, ditambah dengan roket 68 x 68-mm dan serenteng senapan mesin 12,7 mm.

4 dari 5 halaman

Tangguh di Segala Cuaca

7. Mil Mi-28 Havoc (Rusia)

Mi-28 Havoc. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Mil Mi-28 Havoc beroperasi di segala cuaca, baik siang maupun malam. Havoc merupakan salah satu helikopter serbu lapis baja yang termaju.

Ia ditugaskan untuk menjadi helikopter serbu tanpa kemampuan transpor sekunder dan mulai dipakai dinas di Rusia pada 2006.

Mil Mi-28 Havoc memiliki kecepatan maksimum 320 kilometer/jam, dilengkapi dengan sepucuk meriaam 30-mm dan membawa 9 rudal M114 Shturm-C, 9 rudal M120 atau M121F Vikhr, atau 9 rudal anti-tank A-2200.

8. Kamov Ka-52 Hokum-B (Rusia)

Kamov Ka-52 Hokum B. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Pesawat ini merupakan versi 2 kursi sekaligus pembaruan untuk Ka-50 dan merupakan salah satu helikopter serbu tercepat dan termaju di dunia.

Kamov Ka-52 Hokum-B adalah helikopter serbu peran ganda dan sangat kuat di segala cuaca.

Ia juga merupakan yang paling lincah dan mampu beroperasi siang dan malam.

Ka-52 membawa sepucuk meriam 30-mm dengan 460 butir peluru, 12 rudal anti-tank Vikhr (AT-9 Spiral) atau 4 rudal udara-ke-udara Igla-V dan dapat membawa beberapa roket biasa.

5 dari 5 halaman

Mesin Turbo Ganda

9. Bell AH-1Z Viper (Amerika Serikat)

Bell AH-1Z Viper. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Sebagai salah satu helikopter serbu termaju, Bell AH-1Z adalah versi modern untuk AH-1 Cobra. Ia dilengkapi dengan senjata-senjata dan perangkat penyintasan (survival) paling maju sedunia.

Bell AH-1Z Viper adalah satu-satunya helikopter dengan kemampuan rudal udara-ke-udara yang terintegrasi sepenuhnya.

Helikopter ini memiliki meriam 3-laras ukuran 20-mm dengan 750 peluru dan membawa rudal anti-tank AGM-114A/B/C, rudal anti-kapal AGM-114F, rudal udara-ke-udara AIM-9, sejumlah selongsong untuk roket 70-mm biasa, dan bom tak berkendali.

10. AH-64E Apache Guardian (Amerika Serikat)

AH-64E Apache Guardian. Analisis yang dilakukan terhadap helikopter serbu ini didasarkan kepada kombinasi penilaian beberapa faktor. (Sumber wonderlist.com)

Bicara soal helikopter serbu terbaik, Boeing AH-64E Apache Guardian adalah yang termaju yang pernah dibuat.

Helikopter ini memiliki empat-bilah, mesin turbo ganda, dengan peletakan roda pendaratan di ekor, dan kokpit tandem untuk dua awak.

Dengan kecepatan maksimum 300 kilometer/jam, helikopter ini memiliki sepucuk meriam 30-mm dan membawa 16 rudal AGM-114L Hellfire, 2 rudal anti-tank, 4 rudal AIM-92 Stinger, atau 2 rudal udara-ke-udara AIM-9 Sidewinder, 2 rudal anti-radiasi AGM-122 Sidearm dan selongsong roket 19-tembakan roket Hydra 70.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini