Sukses

Sapi Ini Jadi Terkenal Gara-Garanya Wajahnya Di-Blur Google

Menjaga privasi, Google Street View mengaburkan wajah seseorang yang tertangkap kamera. Berlaku juga untuk sapi?

Liputan6.com, Jakarta Google Street View menerapkan kebijakan untuk melindungi privasi individu dengan cara mengaburkan wajah seseorang atau nomor plat kendaraan. Namun, orang-orang bertanya-tanya ketika tindakan itu dilakukan pada seekor sapi.

Pada Agustus 2015 lalu, kamera Google Street View sedang mengabadikan pemandangan di sepanjang River Cam, sebuah sungai di Cambridge, Inggris.

Saat kamera sedang berjalan melalui padang rumput yang disebut Coe Fen, seekor sapi menyeberang jalan kecil di pinggir sungai.

Dan itulah yang terjadi, sapi itu --  juga wajahnya -- tertangkap kamera secara sembunyi-sembunyi.

Entah mengapa, Google Street View kemudian memutuskan untuk mengaburkan muka si sapi yang tak ditahui namanya itu. Hewan itu diperlakukan sama seperti manusia.

Wajah sapi itu mula-mula dapat dilihat dengan jelas saat tengah merumput di dekat sungai Sungai Cam pada foto yang diambil dari jarak sedikit lebih jauh.

Namun Google mengaburkan wajah hewan itu untuk tampilan dekat.

Saat editor The Guardian, David Shariatmadari menemukan wajah sapi yang di-blur itu, ia lalu menangkap gambarnya dan membagikannya di Twitter.

"Sungguh luar biasa, betapa Google dengan serius menjaga privasi sapi," tulis dia.

Dunia maya pun bereaksi. Netizen pun ramai berkomentar. Cuitan Shariatmadari di-retweet lebih dari 9.000 kali, beberapa dibumbui gurauan soal sapi.

Pihak raksasa mesin pencarian itu akhirnya mengakui, teknologi milik mereka mungkin terlalu 'bersemangat'.

"Kami pikir Anda menarik satu ekor ketika kami menggiring kawanan sapi, tapi jelas bahwa teknologi pemburam wajah yang dimiliki Google terlalu antusias," kata juru bicara Google pada BBC.

"Tentu saja, kami tidak iri pada ketenaran sapi ini yang hanya 5 menit."

Gambar sapi itu mengingatkan pada foto yang dirilis Kepolisian West Midlands pada Mei 2016 lalu.

Foto domba korban pencurian yang dikaburkan wajahnya ( West Midlands Police)


Tiga domba yang ada di sana adalah 'korban' pencurian yang dilakukan komplotan penjahat Birmingham. Ketiga hewan itu ditemukan di bagian belakang sebuah kendaraan, yang ditinggalkan para pelaku yang panik dikejar polisi.

Polisi menangkap 3 tersangka, semua pria asal Romania, setelah menyisir kebun di lokasi dekat  dari kebun di dekatnya. Satu ditemukan di atas pohon, dua lainnya di konservatorium.

Sama dengan sapi, wajah domba itu juga dikaburkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.