Sukses

Laba-Laba Raksasa Berbisa 'Menyelundupan Diri' di Dalam Kontainer

Laba-laba jenis Huntsman itu ditemukan dalam kontainer pengiriman barang yang baru sampai di Skotlandia.

Liputan6.com, Edinburgh - Seekor laba-laba raksasa ditemukan 'bermain-main' di sebuah perusahaan manufaktur di Dumbarton, Skotlandia, pada Jumat 9 September lalu.

Laba-laba jenis Huntsman spider itu ditemukan oleh karyawan perusahaan tersebut, berada di dalam kontainer pengiriman barang.

Menurut laporan yang dikutip dari BBC, Selasa (13/9/2016), para staf lalu menghubungi badan penangan hewan Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA), karena khawatir hewan tersebut berbahaya dan mematikan.

Ahli arakhnida (invetebrata sejenis laba-laba) SPCA datang dan mengidentifikasi bahwa laba-laba yang mereka temukan dapat memberikan gigitan sangat menyakitkan.

Untuk sementara The Huntsman berada dalam perlindungan SPCA, hingga mereka menemukan rumah yang tepat untuk binatang itu.

"Kami diminta datang ke perusahaan manufaktur yang berada di Stirling Road, Dumbarton, pada Jumat pagi, setelah kami menerima laporan ditemukannya laba-laba besar," kata Emma Bonner, anggota penyelamat hewan SPCA Skotlandia.

"Ketika aku tiba di tempat itu salah satu karyawan berhasil memasukkan laba-laba itu ke dalam kantong bersih yang berada di kontainer. Kami belum tahu bahwa invetebrata itu berbisa," ujar Emma.

Kemudian laba-laba itu diserahkan kepada Inspektur SPCA Skotlandia Fiona Henderson. Dia lalu menghubungi ahli.

Laba-Laba Raksasa di Temukan dalam Kontainer di Skotlandia (BBC)

"Seorang ahli arakhnida mengidentifikasi laba-laba itu sebagai Huntsman Spider. Ada corak kuning di bagian perutnya, kemungkinan betina," kata Fiona.

Fiona juga mengatakan bahwa sulit untuk menentukan dari mana hewan itu berasal, karena laba-laba itu 'menyeludupkan diri' di dalam kontainer pengiriman.

"Hewan yang tangguh. Dia berhasil selamat hidup dalam kontainer dingin itu dalam waktu yang lama hingga Skotlandia," kata Fiona.

Inspektur itu juga mengatakan bahwa mereka tidak bisa melepaskan hewan itu di Skotlandia. Mereka mempertimbangkan habitat asli laba-laba tersebut.

"The Huntsman bukan hewan asli daerah Skotlandia. Jadi kami tidak bisa melepaskannya di sini. Jika hewan ini membawa bakteria atau serangga lainnya yang tidak diketahui bisa mempengaruhi hewan lain di sini," kata dia.

"Laba-laba itu terlihat berada dalam kondisi baik. Laba-laba dewasa. Kami sedang mencarikan rumah untuknya," kata Fiona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.