Sukses

'Sambutan Hangat' untuk Presiden Duterte di Jakarta

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba pada Kamis 8 Agustus malam di Jakarta dan melakukan kunjungan kenegaraan pada Jumat 9 September 2016

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Filipina Rodrigo Duterte melakukan kunjungan kenegaraan pada Jumat 9 September 2016. Ia tiba pada Kamis 8 Agustus malam di Jakarta dan menginap di Hotel Shangri-La.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengajak Presiden Duterte blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelum ke Tanah Abang, Duterte menemui komunitas masyarakat Filipina di Indonesia. Duterte pun datang ke ballroom Shangri-La mengenakan baju khas Filipina Barong.

Ia menemui komunitas Filipina bersama beberapa menteri kabinetnya, salah satunya Menlu Perfecto Yasay. Kemudian pria yang akrab disapa Digong itu melanjutkan kunjungannya ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Dari Kalibata ke Tanah Abang bersama Presiden Jokowi, dan setelah itu pukul 16.00 WIB melakukan state visit dengan acara kenegaraan sampai dengan dinner," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Duterte lebih dulu diarak dari kawasan Monas menuju Istana Merdeka. Setibanya di sana, ratusan anak-anak berpakaian adat mengibarkan bendera Indonesia-Filipina berukuran kecil. Di ujung barisan, Presiden Joko Widodo sudah menunggu.

Kedatangan Duterte ke Indonesia merupakan yang pertama setelah dirinya menjabat sebagai Presiden Filipina. Filipina dengan ibu kota Manila itu menilai Indonesia merupakan sahabat yang sangat strategis di kawasan ASEAN.

Berikut cuplikan rangkaian kunjungan Presiden di Jakarta:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.