Sukses

Sinar Misterius Muncul dari Gedung di Kompleks Lokasi Teror 9/11

Sinar misterius yang terpantul dari One World Trade Center terjadi beberapa hari sebelum peringatan 15 tahun peristiwa 9/11.

Liputan6.com, Queen - Seorang pria asal New York City mengabadikan sebuah momen tak biasa, saat seberkas sinar terpantul dari One World Trade Center. Penampakan itu terekam beberapa hari sebelum peringatan 15 tahun peristiwa serangan 11 September 2001.

One World Trade Center merupakan bangunan utama di kompleks World Trade Center (WTC). Gedung yang mulai dibangun pada 2006 itu, menempati lokasi bekas bangunan 6 WTC yang rusak akibat peristiwa 9/11.

Pria bernama Ben Sturner itu mengaku, ia selalu melihat kompleks WTC dari sebuah kota di Long Island, Queens, setiap pagi. Namun, dia mengklaim sebelumnya tak pernah melihat pantulan sinar misterius seperti yang disaksikannya pada 8 September pukul 07.11 waktu setempat.

Awalnya, Sturner enggan mengunggah foto itu ke media sosial karena takut akan reaksi orang-orang. Namun beberapa jam kemudian, ia memutuskan untuk membagikannya ke dunia maya.

Dikutip dari 6abc.com, Sabtu (10/9/2016), Sturner pun berharap foto tersebut membantu menyemangati orang banyak. Mengingat peristiwa 9/11 menimbulkan duka mendalam yang membekas hingga kini.

Sinar misterius yang terpantul dari One World Trade Center jelang peringatan peristiwa 9/11 ke-15 (Twitter Ben Sturner @leverageagency)

Sementara itu ahli meteorologi Lee Goldberg dari WABC-TV mengatakan, seberkas sinar tersebut sangat mungkin terjadi. Sebab sudut rendah sinar Matahari berkombinasi dengan titik embun tinggi dan jumlah uap air di udara, membuat partikel air memiliki kondisi tepat untuk diterangi cahaya dengan cara seperti itu.

Namun itu bukanlah satu-satunya peristiwa langka yang diabadikan Struner menjelang peringatan serangan 11 September. Tahun lalu, ia mengabadikan momen di mana sebuah pelangi tampak muncul dari bekas runtuhnya gedung kembar WTC, sehari sebelum peringatan peristiwa 9/11 ke-14.

Sebuah pelangi tampak muncul dari bekas runtuhnya gedung kembar WTC (Twitter Ben Sturner @leverageagency)

Saat itu, Sturner berada di tempat sama dan jam hampir bersamaan dengan momen langka yang disaksikannya tahun ini. Foto tersebut pun menjadi viral dan dibagikan oleh jutaan orang di media sosial.

"Foto tersebut membawa banyak cahaya dan harapan," ujar Sturner. Ia juga menambahkan, dirinya tak pernah berpikir bahwa kejadian serupa akan terulang kembali.

Pria itu juga mengatakan, komentar dari orang-orang menjadi hal yang paling menginspirasinya.

Ketika ditanya bahwa dirinya merupakan satu-satunya orang yang mengabadikan momen langka itu, Sturner mengaku hal tersebut hanya soal berada di waktu dan tempat yang tepat. Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.