Sukses

Kim Jong-un Foya-Foya 'Habiskan' Uang untuk 8 Hal Ini?

Liputan6.com, Pyongyang - Sejak awal Kim Jong-un memimpin, ia tidak lepas dari kontroversi. Tak hanya terkait soal uji coba rudal balistik dan pengembangan senjata nuklir, sejumlah sikapnya beberapa kali membuat dunia geram.

Kim yang berkuasa semenjak kematian ayahnya, Kim Jong-il pada 2011 dikabarkan memiliki kekayaan dalam jumlah besar yang dihabiskan untuk kesenangannya sendiri.

Menurut laporan Huffington Post, diktator itu ditaksir memiliki kekayaan sekitar US$ 5 miliar atau setara Rp 65,6 triliun.

Walaupun banyak rakyat Korea Utara belum hidup sejahtera, namun ia tak segan mengeluarkan biaya besar untuk foya-foya. Dikutip dari berbagai sumber berikut delapan hal mewah yang dipilih Kim untuk menghamburkan kekayaannya.

1. Alkohol Impor

Cognag bermerek Hennessy (Hennessy.com)

Kim Jong-un dikabarkan menghabiskan US$30 juta (Rp 394 miliar) per tahun hanya untuk mengimpor alkohol terbaik dari seluruh dunia. Menurut MSN, jenis favoritnya adalah wiski dan cognac.

Namun tak sembarang alkohol ia pesan. Salah satu merek favoritnya adalah Hennessy yang berharga hingga US$ 2.145 (Rp 28 juta) per botolnya.

2. Kuda Pacu

Kim Jong-un dan kuda pacuannya (People's Daily Online)

Kim dikenal menggemari kuda dan tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana untuk hobinya itu. Menurut sejumlah laporan, sekitar 20 persen anggaran negara Korut dihabiskannya untuk merawat kuda balapnya.

Angka tersebut tergolong pemborosan besar, mengingat pada 2008 anggaran sektor publik Korea Utara hanya sekitar US$ 62 juta (Rp 812 miliar).

3. Kapal Pesiar Mewah

Ilustrasi (princessyachts.com)

Sebagian besar orang mungkin bermimpi memiliki kapal pesiar. Namun tidak bagi Kim Jong-un, tak hanya berangan-angan, ia memilikinya. Suami Ri Sol-ju itu punya sebuah kapal pesiar bernilai US$ 8 juta (Rp 105 miliar).

Kapal pesiar dengan panjang 60 meter tersebut dideskripsikan oleh temannya, Dennis Rodman, sebagai "perpaduan antara feri dan kapal Disney" yang dilengkapi interior desainer kelas dunia, Fendi.

4. Makanan Impor

Kim Jong-un gemar mengimpor makanan berkualitas tinggi (AFP)

Kim dikenal sebagai pemimpin yang gemar memesan bahan pangan kelas dunia. Ia dilaporkan kerap mengimpor daging babi dari Denmark, kaviar dari Iran, dan daging steak dari Jepang.

Tak hanya itu, ketika ingin mengonsumsi sesuatu yang segar, Kim langsung memesan melon terbaik dari China dan mangga dari Thailand. Kontras dengan hal tersebut, sejak tahun 1990-an jutaan rakyat Korea Utara dikabarkan meninggal karena kelaparan.

1 dari 2 halaman

Hadiah Mewah untuk Istri

5. Rokok Desainer

Rokok buatan desainer Yves Saint Laurent (Yves Saint Laurent)

Seperti halnya makanan, Kim Jong-un juga memiliki rokok khusus. Ia memilih menghabiskan uangnya untuk memesan rokok buatan desainer Prancis.

Menurut laporan MSN, Yves Saint Laurent merupakan rokok pilihan pria kelahiran 8 Januari 1984 itu. Satu bungkus rokok tersebut dihargai US$ 44 (Rp 576,2 juta) dan berhias kotak dari kulit bernilai US$ 165 (Rp 2,1 juta).

6. Hadiah Mewah untuk Istri

Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-jun (Reuters)

Kim Jong-un menikah dengan Ri Sol-jun sejak 2009. Kim dikenal telah menghabiskan uang negara untuk membeli hadiah mewah untuk istrinya, seperti tas Christian Dior seharga US$ 1.457 (Rp 19 juta). Angka tersebut hampir sama dengan pendapatan tahunan rata-rata rakyat Korut, yakni US$ 1.800 (Rp 23,5 juta).

Dilansir dari myfirstclasslife.com, selain tas rancangan desainer kelas dunia, Kim secara royal memberi hadiah mewah untuk istrinya, termasuk koki sushi pribadi, perhiasan mahal, dan pertunjukan pribadi.

7. Lebih dari 100 Mobil Mewah

Mercedes-Benz S Class (Mercedes-Benz)

Cucu Kim Il-sung tersebut telah menjadi penggemar berat mobil sejak berusia tujuh tahun. Pada usia yang sama, ayahnya telah mengizinkannya menyetir mobil.

Menurut laporan The Telegraph, Kim dikabarkan memiliki lebih dari 100 mobil yang dikoleksinya sejak usia muda. Mercedes-Benz adalah merek favoritnya.

8. Koleksi Jam Tangan Mewah

Kim jarang terlihat di muka umum tanpa mengenakan jam tangan mewah (KCNA)

Kim jarang terlihat di muka umum tanpa mengenakan jam tangan mewah yang melingkar di pergelangan tangannya. Ia dikenal gemar mengoleksi aksesori tersebut yang jika dijumlah bernilai Rp 107,6 miliar.

Namun berita buruk harus diterima oleh Kim. Menurut laporan BBC, PBB melarang Swiss mengekspor jam tangan dan barang mewah ke Korea Utara terkait dengan proyek nuklir dan rudal balistik yang dijalankan oleh negara tersebut.

Artikel Selanjutnya
VIDEO: Tips Jitu Mempersiapkan Dana Sekolah Anak
Artikel Selanjutnya
Bikin Iri, 5 Anak Miliarder Ini Suka Pamer Harta di Medsos