Sukses

Hungaria Tawarkan Indonesia Optimalkan Wisata Danau

Batalon di Hungaria merupakan contoh bagaimana pemerintah lokalnya bisa memaksimalkan potensi daerah yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Duta Besar RI untuk Hungaria, Wening Esthyprobo Fatandari menerima kunjungan kehormatan Consultant, Environment, Foreign Affairs of Local Government of Balatonfured, Paul Kiszely. Dalam pertemuan tersebut salah satu hal yang menjadi sorotan kedua pihak adalah, tawaran Pemerintah Lokal Balaton untuk membantu meningkatkan pariwisata di Tanah Air.

Kiszely melihat Daerah Batalon yang merupakan salah satu destinasi wisata di Eropa bisa membagi ilmunya kepada beberapa pemerintah daerah di Indonesia, dalam mengelola sektor pariwisatanya.

Tawaran tersebut pun disambut positif oleh Wening. Menurutnya, Batalon sangat dikenal di benua biru karena mempunyai danau air tawar terbesar di Eropa Tengah dengan ukuran keliling sekitar 82 km.

Oleh sebab itu, ia mengharapkan Pemerintah Lokal Batalon dapat membagi ilmu pengelolaan danau yang mereka miliki.

"Indonesia sangat kaya dengan keindahan alam, termasuk danau. Dengan kerja sama antara Pemerintah Balaton dan Pemda-pemda di Indonesia yang memiliki danau, kita dapat mempelajari pengelolaan danau seperti daya dukung ekonomi danau bagi penduduk sekitar, pengelolaan air limbah rumah tangga/hotel, pelestarian lingkungan, budidaya air tawar, dan manajemen kepariwisataan," sebut Wening melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (2/9/2016).

"Dari mereka kita bisa menerapkannya di Indonesia, tentunya setelah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan lokal," sebut Wening.

Wening menyebut, Balaton merupakan contoh bagaimana pemerintah lokalnya bisa memaksimalkan potensi daerah yang ada. Di wilayah tersebut, Pemerintah Balaton sukses memadukan berbagai kegiatan pariwisata seperti pacuan kuda, perkebunan anggur, perkebunan lavender, pemandian air panas dan spa. Sehingga pengunjung tidak hanya datang ke Balaton pada musim panas saja namun juga berkunjung di musim dingin.

"Memadukan potensi pariwisata dan satu tempat, adalah salah satu trik yang dapat kita ambil dari Balaton, saya akan sangat senang dan mendukung apabila ada pemerintah daerah kita yang memiliki potensi wisata berupa danau datang ke Hongaria untuk belajar mengelola danau," ujarnya.

"Saya yakin, dengan pengelolaan yang baik dan profesioinal, danau-danau di Indonesia seperti Danau Toba di Sumatera Utara juga memiliki potensi yang sangat menjanjikan sebagai destinasi wisata dunia dan tentunya akan memberikan efek ekonomi yang luar biasa baik bagi masyarakatnya," pungkas Dubes Wening.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini