Sukses

Wamenlu: RI Dukung Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Sejumlah isu penting terkait Timor Leste dan Indonesia dibahas dalam pertemuan kedua negara baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir menerima kunjungan dari Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama (Wamenluker) Timor Leste, Roberto Sarmento De Oliveira Soares. Dalam pertemuan tersebut sejumlah isu penting dibahas.

Salah satunya adalah soal keinginan Timor Leste jadi anggota ASEAN ke-11. Di depan Soares, Fachir menegaskan Indonesia selalu mendukung pencalonan eks Provinsi ke-27 ini masuk ke organisasi multilateral tersebut.

"Indonesia senantiasa mendukung keanggotaan Timor Leste di ASEAN," sebut Fachir, Jumat (3/9/2016).

Langkah dukungan tersebut, kata Fachir, sangat nyata terlihat. Sebab, RI adalah anggota yang paling aktif mengajak negara ASEAN lain memberikan dukungan yang sama.

"Kita terus mendorong negara anggota ASEAN untuk mengundang Timor-Leste berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan kapasitas Timor-Leste menuju keanggotaannya di ASEAN," ujar dia.

Selain hal itu, kedua Wamenlu membahas berbagai isu seperti peningkatan ekonomi, investasi, dan penyelesaian secara cepat dan terukur perbatasan darat dan maritim kedua negara.

Untuk itu, kedua Wamenlu menilai bahwa sudah seharusnya meningkatkan koordinasi. Langkah itu diyakini dapat mempercepat komitmen yang disepakati sudah kedua kepala negara.

Pada kesempatan tersebut, Soares menyampaikan apresiasi atas langkah dan dukungan yang diberikan Indonesia pada negaranya.

"Hubungan Indonesia dan Timor Leste saat ini dalam tingkat yang luar biasa," ujar Wamenluker Soares.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.