Sukses

31-8-1997: Kematian Putri Diana yang Berselimut Misteri

Diana tewas dalam kecelakaan maut di terowongan Alma, Paris, Prancis. Insiden nahas tersebut juga menewaskan kekasihnya, Dodi Al Fayed.

Liputan6.com, Paris - Pada 1 Juli 1961 seorang bayi yang kelak menjadi salah satu perempuan terkenal di dunia lahir dari sebuah keluarga bangsawan Inggris. Ia dinamakan Diana Frances Spencer, namun sosoknya lebih dikenal dengan panggilan Putri Diana atau Lady Di.

Diana Spencer merupakan anak kedua dari pasangan Edward dan Frances Spencer. Seiring waktu, ia tumbuh menjadi seorang gadis bermata biru yang cantik jelita.

Setelah melewati masa perkenalan yang cukup singkat, pada 29 Juli 1981 Diana menikah dengan pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles. Keduanya mengikat janji suci di Katedral St Paul, London.

Dari hasil pernikahan tersebut Diana yang bergelar Princess of Wales itu dikaruniai dua anak laki-laki tampan, Pangeran William dan Pangeran Harry.

William, yang merupakan suami dari Kate Middleton dilahirkan setahun setelah pernikahan agung tersebut, tepatnya pada 21 Juni 1982 di Paddington.

Dua tahun kemudian tepatnya pada 15 September 1984, Lady Di kembali melahirkan seorang bayi laki-laki tampan bernama Pangeran Harry.

Beberapa tahun menikah dengan putra sulung Ratu Elizabeth II itu, rumah tangga Diana pun mulai diguncang prahara. Ini tak lepas dari perselingkuhan antara sang suami dengan mantan kekasih di masa mudanya, Camilla Parker Bowles.

Rumah tangga keduanya pun diketahui berakhir pada 1996. Setelah perpisahan tersebut, Putri Diana sempat dikabarkan menjalin cinta dengan sejumlah pria termasuk di antaranya Hasnat Khan dan Dodi Al Fayed.

Perjalanan cinta Diana dengan Hasnat hanya berlangsung selama dua tahun. Mereka kemudian memutuskan untuk berpisah pada 1997.

Tak lama setelah itu kabar kedekatan Diana dan Dodi pun mulai merebak. Kisah cinta mereka menghiasi berbagai pemberitaan media massa.

Tak hanya itu, kemunculan keduanya juga menjadi incaran juru foto di seluruh dunia. Hingga akhirnya kecelakaan tragis di terowongan Alma, Paris, Prancis menewaskan keduanya pada 31 Agustus 1997.

Kematian Diana dan Dodi menyisakan banyak misteri menyusul sejumlah teori konspirasi. Sebagian menduga peristiwa itu adalah tragedi 'pembunuhan'.

Meski telah tutup usia 19 tahun lalu, namun sosok Diana masih melekat di hati dan pikiran banyak orang. Ia putri Inggris yang dicintai dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.