Sukses

Foto Mesra Putri Diana dengan Seorang Pria Misterius, Siapa Dia?

Foto tersebut diabadikan di sebuah resort ski di Swis. Kala itu Putri Diana diperkirakan berusia 18 atau 19 tahun.

Liputan6.com, London - Dia merupakan sosok perempuan yang paling sering difoto pada masanya. Layaknya seorang selebritas kelas atas, wajah Putri Diana kerap menghiasi surat kabar lokal maupun internasional.

Walaupun begitu, ternyata masih ada gambar hitam putih Diana yang 'tersembunyi' dari media. Hal tersebut tentunya menarik perhatian.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (28/8/2016), sebuah foto masa muda Princess of Wales, sebelum bertemu dengan Pangeran Charles, merebak di dunia maya. Menimbulkan pertanyaan siapa gerangan pria yang berada di sampingnya.

Foto yang dipercaya diabadikan pada 1979 atau 1980, saat Diana berusia 18-19 tahun itu, diambil di sebuah resort ski di Swis.

Gambar tersebut memperlihatkan Diana muda berbaring di dalam sebuah vila kecil di pegunungan, dengan seorang teman pria yang sedang membaca buku.

Pria tersebut terlihat dengan santai membaca buku sambil menyandarkan bacaannya tersebut di bahu ibu pangeran William tersebut.

Di samping mereka, tepatnya di pinggiran jendela, terdapat sebotol wiski Johnnie Walker.

Diana muda terlihat berbaring di samping seorang pria misterius yang sedang membaca buku (Dailymail.com).

Identitas juru kamera yang mengabadikan gambar tersebut tidak diketahui. Gambar itu akhirnya dijual kepada sebuah media Inggris, Daily Mirror  pada 26 Februari 1981 -- dua hari sebelum pertunangan Diana dan Charles diumumkan.

Namun, sepertinya editor foto media tersebut berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak mempublikasikan foto 'intim' ratu masa depan dengan seorang pria misterius itu.

Dia bahkan melabelkan gambar tersebut dengan tulisan 'Jangan Dipublikasikan'.

Foto tersebut akhirnya tetap berada di dalam arsip media tersebut, hingga pada 2007 gambar kontroversial itu dibeli oleh kolektor pribadi barang bersejarah, Caren Archive.

Foto tersebut dilaporkan dilelang di rumah lelang RR Auctions di New Hampshire, AS. Gambar berukuran 8x10 inci tersebut normalnya dapat terjual seharga US$ 98.531 atau setara dengan Rp 13 juta.

Namun, karena foto tersebut memiliki tulisan 'jangan dipublikasikan' di atasnya, pelelang berharap dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Walaupun gambar tersebut diabadikan oleh sang juru kamera tanpa ada niat 'jahat', ada saja yang mengatakan bahwa karya tersebut menguak sisi nakal sang putri masa depan di waktu mudanya.

Putri Diana sebelum menikahi Pangeran Charles (Dailymail.com)

Eric Caren, pemilik Caren Archieve yang merupakan kolektor pribadi terbesar di AS, mengatakan bahwa dia mendapatkan foto masa muda Diana tersebut secara kebetulan.

Kala itu dia meminta Daily Mirror untuk menjual sejumlah arsip kepadanya. "Ini foto yang intim. Aku tidak tahu apakah pria itu teman atau kekasih Diana," kata Caren.

Sementara itu, ada sumber yang menyatakan bahwa pria dalam foto tersebut adalah Rory Scott, orang yang dijodohkan pada Diana sebelum Charles.

"Ini pasti bukan cara yang diinginkan oleh keluarga Kerajaan untuk memperkenalkan Diana saat itu, mengingat gambar ini di dapat 2 hari sebelum pertunangan agung diumumkan," ujar pemilik Caren Archieve itu.

"Kisah cinta negeri dongeng mendiang dengan Charles masih utuh saat itu," tambah dia. "Dugaanku, foto pribadi tersebut dibeli oleh Mirror, tapi tidak jadi dipublikasikan karena beberapa alasan. Aku tidak tahu apakah itu tekanan dari kerajaan atau keputusan internal," ujar Caren.

Sementara itu, wakil pimpinan pemasaran rumah lelang RR Auctions, Bobby Livingstone, berpendapat bahwa Daily Mirror hanya mencari 'aman' dengan tidak menerbitkan foto Diana dengan lelaki selain Pangeran Charles.

Salah satu teman dekat pria Diana saat itu, James Colthurst, mengatakan dia mengingat hari di mana mereka berlibur di arena ski, berkisar dengan waktu foto tersebut diambil.

"Dia berbaring di kasur sofa. Sangat menyenangkan. Banyak kejahilan waktu itu -- Diana teman yang baik, menyenangkan, ramah, sembrono, dan menyukai senda gurau," kata Colthurst mengingat kembali kejadian itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapakah Pria Misterius Itu?

 Pria misterius dalam foto itu adalah bangsawan Inggris, Adam Russel.

Ia adalah cicit dari mantan Perdana Menteri Inggris Stanley Baldwin. Dalam foto itu, Russel terlihat santai dengan calon Princess of Wales selama liburan ski di Val Claret French Alps tahun 1979.

Saat itu, Russel yang sedang kuliah di Oxford mengatakan, ia naksir Diana. Namun, bagaimanapun cinta tak berkembang.

Menurut penulis buku kerajaan, Andrew Morton, Russel bepergian selama setahun dan bertemu Diana di Prancis. Saat kembali ke Inggir pada 1980, ia mengatakan naksir Diana.

"Namun, saat itu, salah satu teman mereka berkata, 'kamu cuma punya satu lawan, Prince of Wales'," kata Morton.

Mendengar kalimat itu, Russel mundur teratur. Namun, baik Russel dan Diana menjadi teman baik.

Kesan Russel terhadap Diana adalah konyol, hobi cekikikan, namun tidak terlalu berlebihan dan pemalu.

ABCNews melaporkan bahwa Russel mengonfirmasi ia adalah pria di foto itu, namun menolak untuk berkomentar lebih lanjut. Russel kini banyak menghabiskan waktu di Dorset dan menikah dengan presenter TV, Ali.

Foto itu akhirnya terjual lebih dari US$18 ribu. Sementara identitas fotografer, tidak diketahui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini