Sukses

Ratu Elizabeth II Rogoh Kocek Pribadi Demi Korban Gempa Italia

Ratu Elizabeth II memberikan uangnya kepada Palang Merah Inggris, organisasi amal yang ia pimpin.

Liputan6.com, London - Ratu Inggris memilih untuk mendonasikan dana pribadi kepada lembaga bantuan yang turut membantu korban gempa bumi Italia.

Ratu Elizabeth II memberikan uangnya kepada Palang Merah Inggris, organisasi amal yang ia pimpin.

Dilansir dari The Independent, Minggu (28/8/2016), sayangnya juru bicara Istana Buckingham tidak berkomentar berapa besar sumbangan pribadi itu.

Palang Merah Italia membantu mendistribusikan bantuan dari berbagai badan amal ke daerah yang paling parah terkena getaran lindu sebesar 6.2 skala Ritcher. Lebih dari 260 orang tewas, dan 400 terluka. Gempa itu nyaris meratakan kota-kota tempat wisata musim panas di Italia.

Gempa bumi yang terjadi pada Rabu 24 Agustus 2016 dini hari adalah bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah Italia. Hal itu membuat Perdana Menteri Matteo Renzi mendeklarasikan negara dalam keadaan bahaya.

Lebih dari 200 orang berhasil diselamatkan. PM Renzi mengatakan 42 juta pound sterling akan didedikasikan untuk upaya rekonstruksi kota-kota yang terkena dampak paling parah. Warga korban gempa Italia juga dibebaskan dari pajak. 

Pemerintah Italia menyatakan hari berkabung nasional dimulai pada Sabtu, 27 Agustus 2016 waktu setempat. Hari berkabung digelar demi menghormati hampir 300 orang yang meninggal dunia akibat gempa bumi yang melanda bagian tengah negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini