Sukses

Pemandangan Menakjubkan dari Atas Jembatan Tertinggi ke-2 China

Menurut laman Highest Bridge, karya ini adalah jembatan lengkap ke dua tertinggi sedunia, setelah jembatan Siduhe di provinsi Hubei, China.

Liputan6.com, Xuanwei - Sebuah jembatan terasa sebagai penghubung biasa bagi pengendara lokal. Tapi, ketika dilihat dari udara, baru terlihat betapa menakjubkannya pemandangan dari atas sana.

Jembatan Puli yang terletak di Provinsi Yunnan, China bagian barat, berada di ketinggian sekitar 600 meter dari jurang yang ada di bawahnya. Ujung satunya berada di Provinsi Guizhou.

Provinsi Yunnan dan Guizhou terkenal memiliki geografis yang ganas, karena berbukit-bukit dengan sungai-sungai lebar yang berarus deras.

Dikutip dari Daily Mail pada Sabtu (27/8/2016), tayangan menakjubkan dari udara itu diunggah oleh People's Daily. Lalu tersebar di situs berbagi video.

Tayangan berdurasi sekitar 27 detik itu menunjukkan ketinggian jembatan dari dasar permukaan di bawahnya, serta wilayah sekeliling yang terdiri dari pegunungan sejauh mata memandang.

Jembatan Puli diresmikan pada 25 Agustus lalu. Panjang jembatan sekitar 1.040 meter dan bentang utamanya sekitar 700 meter.

Menurut laman Highest Bridge, karya ini adalah jembatan lengkap ke dua tertinggi sedunia, setelah jembatan Siduhe di provinsi Hubei, China. (Sumber sohu,com)

Pembangunan jembatan itu menelan biaya sekitar US $ 700 juta atau mencapai Rp 9,3 triliun. Memerlukan waktu 5 tahun untuk menyelesaikannya.

Ngarai di bawahnya memilki kedalaman sekitar 500 meter, kira-kira setinggi gedung Shanghai World Financial Centre, yang merupakan bangunan tertinggi ke-10 di dunia.

Menurut laman Highest Bridge, karya ini adalah jembatan lengkap ke dua tertinggi sedunia, setelah jembatan Siduhe di Provinsi Hubei, China bagian tengah.

Menurut laman Highest Bridge, karya ini adalah jembatan lengkap ke dua tertinggi sedunia, setelah jembatan Siduhe di provinsi Hubei, China. (Sumber sohu,com)

Situs itu juga menyebutkan, bahwa 8 di antara 10 jembatan tertinggi sedunia ada di China.

Menurut artikel People’s Daily pada 2015, jembatan gantung ini memotong waktu perjalanan dari 4 jam menjadi 1 jam. Menghubungkan Xuanwei ke perbatasan Guizhou.

Pembangunan jembatan tersebut menjadi bagian dari Pembangunan China Barat, suatu upaya pemerintah yang dimulai pada 1999 untuk membuka provinsi-provinsi yang luas, miskin, dan terpencil di bagian barat China.

Berikut ini pemandangan menakjubkan dari atas jembatan tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.