Sukses

Jepang Tawarkan RI Pesawat Amfibi

Duta Besar Jepang Yasuaki Tanizaki melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Jepang Yasuaki Tanizaki melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Sejumlah isu penting dibahas keduanya.

Meski demikian, hal yang menjadi prioritas pembahasan adalah penguatan hubungan pertahanan. Bahkan dalam pertemuan tersebut, Jepang menawarkan pesawat militer jenis amfibi kepada Indonesia.

"Tadi yang sangat menonjol adalah Jepang menawarkan pesawat amfibi, ini memang cukup menarik karena kita wilayah maritim di mana pulau-pulau cukup banyak dan kita 2/3 laut," sebut Wiranto di kantornya, Kamis (26/8/2016).

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini mengatakan, pesawat Jepang itu bakal sangat berguna bagi pemerintah. Terutama jika kebakaran hutan kembali datang.

"Saya kira pesawat amfibi memang sangat bagus dimodifikasi jadi bagian dari upaya memadamkan api," paparnya.

"Dia mendarat di air, nyedot air, langsung naik, semprotkan dan selesai," sembung Wiranto.

Ketika ditanya apakah pemerintah akan membeli pesawat tersebut, Wiranto menyatakan belum ada keputusan yang diambil.

Wiranto menekankan, hal tersebut bentuknya hanya tawaran. Oleh sebab itu, pemerintah harus mempelajari tawaran tersebut sebelum mengambil keputusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini