Sukses

Jokowi Siapkan Pesan Khusus untuk KTT ASEAN

Rencananya, pertemuan antar pemimpin Asia Tenggara akan diselenggarakan di Laos, 6-8 September 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan diri hadir dalam KTT ASEAN. Rencananya, pertemuan antar pemimpin Asia Tenggara itu akan diselenggarakan di Laos, 6-8 September 2016.

Direktur Mitra Wicara ASEAN, Derry Aman, menjelaskan akan ada pesan khusus yang siap dibicarakan Jokowi di depan para kepala negara Asia Tenggara dan beberapa negara dunia.

"Presiden RI kita usulkan untuk dapat menegaskan pada semua. KTT ini mengenai signifikansi persatuan dan sentralitas ASEAN," sebut Derry di Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Menurut Derry, pesan ini sangat penting disampaikan Jokowi. Sebab, hal tersebut sesuai tema yang dibawa Indonesia dalam KTT tersebut yaitu ketahanan dan relevansi ASEAN di kawasan dan dunia.

"Ini hal utama yang ditekankan dalam setiap KTT karena berhubungan erat dengan ketahanan dan relevansi ASEAN," tuturnya.

Derry menekankan, pesan ini sebenarnya sudah pernah dibawa Indonesia. Namun di saat KTT ASEAN nanti begitu esensial untuk kembali digaungkan.

"Kita tingkatkan kembali upaya implementasi, memainkan kerjasama maritime khususnya upaya implementasi EAS (East Asia Summit) statement yang disahkan 2015 atas prakarsa Indonesia," pungkas Derry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini