Sukses

Jokowi Hadiri KTT G20 dan ASEAN Awal September

Rangkaian kunjungan Jokowi pada awal September tersebut rencananya dimulai dari China.

Liputan6.com, Manila - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri dua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), yaitu G20 di China dan pertemuan kepala negara dan pemerintahan ASEAN di Laos.

Kedua pertemuan akan dilaksanakan pada September 2015. Rangkaian kunjungan Jokowi tersebut rencananya dimulai di China.

"Presiden didampingi Menlu akan hadiri pertemuan G20 Hangzhou, China 4-5 September 2016," ucap Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri, Chandra Yudha di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kamis 25 Agustus 2016.

Menurut Chandra, di G20 nanti Jokowi bersama para pemimpin dunia lain akan membahas beberapa isu ekonomi global saat ini.

"Topik utama (di G20) bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia dan stabilitas ekonomi dunia," paparnya.

"Secara umum bagaimana kita menumbuhkan kembali ekonomi dunia melalui cara-cara inovatif baru untuk tumbuhkan perdagangan interkoneksi dan inklusifitas," tambah Chandra.

Dia menambahkan, usai dari China Jokowi dan rombongan akan langsung terbang ke Vientiene, Laos untuk hadir dalam KTT ASEAN.

"(Ke) Vientiene tanggal 6-8 September dilaksanakan KTT ke-28 dan 29 ASEAN dan KTT terkait lainnya," ucapnya.

"Tahun ini KTT dilaksanakan back to back, dua KTT ASEAN. KTT ASEAN dua kali setahun, tahun ini dalam 1 kesempatan. Sesi pleno jadi KTT ke-28. Sesi retreat jd KTT ke-29," sebut Chandra.

Dia menyatakan, sama seperti G20, KTT ASEAN kali ini juga menjadi salah pertemuan kepala negara penting. Isu seperti kerjasama eksternal, regional dan internasional akan dibahas dalam dua sesi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini