Sukses

Kapal Iran Mendekat, AS Lepaskan 3 Tembakan Peringatan

AS mengklaim kapal milik pasukan Garda Revolusi Iran melanggar hukum dan standar maritim internasional.

Liputan6.com, Washington, DC - Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melepaskan tiga tembakan peringatan kepada kapal satuan Garda Revolusi Iran. Pejabat AS mengklaim Iran melanggar hukum dan standar maritim internasional.

Seperti dilansir dari CNN, Jumat (26/8/2016) kapal Iran berada dalam jarak kurang lebih 182 meter dari USS Squall. Sebelum melepaskan tembakan, AS menegaskan telah menjalin komunikasi via radio dengan kru kapal Iran, namun tak ada tanda-tanda bahwa mereka akan meninggalkan area tersebut.

Maka sesuai dengan prosedur standar maritim, AL AS melepaskan tiga tembakan peringatan ke air untuk memastikan pihak Iran memahami bahwa mereka harus segera menjauh.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Elizabeth Trudeau mengatakan, insiden seperti ini "tidak semestinya terjadi karena dapat meningkatkan ketegangan". Ia menegaskan, pihaknya tidak mengetahui niat Iran di balik tindakan tersebut.

Peristiwa ini bukan kali pertama dalam sepekan. Pada Selasa 23 Agustus lalu, seorang pejabat AL AS mengatakan, empat kapal milik pasukan Garda Revolusi Iran melakukan "pencegatan dengan kecepatan tinggi" terhadap kapal penghancur rudal AS, USS Nitze.

Kejadian itu terjadi di dekat Selat Hormuz, tepatnya di perairan internasional. Keempat kapal Iran disebut mendekat sampai pada jarak 274 meter dari USS Nitze. Hal ini memaksa Nitze mengubah arah untuk menghindari tabrakan meskipun tidak jauh dari area itu terdapat anjungan pengeboran minyak.

"Tindakan yang tidak aman dan tidak profesional semacam ini bisa mengakibatkan peningkatan ketegangan dan salah perhitungan yang mungkin memerlukan langkah-langkah pertahanan tambahan. Para komandan punya memiliki kewajiban untuk membela diri," ujar Juru bicara AL AS.

Kapal patroli AL AS bertanggung jawab terhadap keamanan sekitar 2,5 juta mil wilayah yang membentang dari Teluk Arab hingga ke Laut Merah, Teluk Oman, bagian dari Samudera Hindia dan 20 negara.

Dan ketika insiden pada Selasa lalu terjadi, menurut pejabat AS, USS Nitze tengah transit di perairan internasional.

Dua insiden ini adalah bagian kecil dari rangkaian peristiwa yang membuat tegang hubungan kedua negara. Pada Januari 2016 lalu, pasukan Garda Revolusi Iran menangkap 10 pelaut AS ketika kapal yang mereka tumpangi tersesat di dekat Farsi Island, Teluk Persia.

Namun tak lama kemudian ke-10 pelaut AS itu dibebaskan. Pada bulan yang sama, Iran dikabarkan menerbangkan drone di atas kapal perang AS, langkah yang dinilai "tak normal dan profesional" oleh Negeri Paman Sam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.