Sukses

Dubes Ngurah: Tak Ada Asap Asal Indonesia Masuk ke Singapura

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan mulai terjadi di beberapa kawasan di Pulau Sumatera. Kabut hasil peristiwa itu dikhawatirkan akan menuju ke sejumlah negara tetangga seperti Singapura.

Merespons kecemasan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya angkat bicara. Dia mengatakan, tak ada asap dari kebakaran hutan di Sumatera yang sampai ke Negeri Singa.

"Sampai sekarang gak ada," sebut Ngurah di Gedung Sinar Mas Land, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Ngurah menyebut ada beberapa faktor kenapa tak ada kabut yang sampai Singapura. Dia menyatakan, salah satunya adalah menurunnya jumlah titik api.

"Di media Singapura (ditulis) hot spot tahun ini sangat signifikan jauh menurun dari tahun lalu karena ada upaya melakukan pencegahan," paparnya.

"Pemerintah juga mengambil langkah-langkah misalnya membentuk badan restorasi gambut, melakukan preferensi pencegahan-pencegahan dan bentuk komunitas peduli api," paparnya.

Selain itu, Ngurah mengatakan, kemarau basah yang ada juga sangat membantu penurunan jumlah titik api penyebab kabut.

"Ini masih musim kemarau, kemarau basah ini karena fenomena la nina, jadi curah hujan sangat tinggi. Ini saya kira juga blessing karena curah hujan sangat tinggi," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini