Sukses

Misteri Penampakan Bola Cahaya Putih, UFO atau Arwah Gentayangan?

Liputan6.com, Lima - Sebuah video menghebohkan datang dari Peru, Amerika Selatan. Rekaman itu menunjukkan munculnya sebuah objek berupa cahaya putih.

Video yang telah disaksikan lebih dari ribuan kali itu memancing perdebatan. Sebagian menyebutnya arwah yang gentayangan atau bahkan manifestasi dari hantu.

Namun ada pula yang mengaitkan dengan isu alien dan UFO. Video difilmkan di teras sebuah rumah di Peru pada 5 Agustus lalu.

Editor situs ufosightingsdaily, Scott C Waring menduga kuat bahwa cahaya putih itu berkaitan dengan alien.

"UFO datang dalam segala bentuk dan ukuran. Dan UFO seukuran bola baseball telah terlihat, dilaporkan bahkan difoto," tulis Waring seperti dikutip Express, Rabu (24/8/2016).

"Salah satu yang pernah saya saksikan berukuran empat meter di atap. Sementara yang kali ini berjubah," imbuhnya.

Menurut Waring, kamera keamanan (CCTV) dilengkapi dengan lampu LED inframerah yang memungkinkan untuk melihat di malam hari. Selain itu, CCTV juga dapat "menyaksikan" sesuatu yang biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang seperti bola berjubah ini.

"Sungguh tangkapan kamera yang keren," tegas Waring.

Sebagian lainnya kurang tertarik dengan analisa Waring. Mereka menyebut cahaya putih tersebut ulah dari paranormal.

"Ini adalah drone, atau gas rawa atau planet Venus!," tulis seorang pria bernama Daniel Silva di situs pemutar video.

Gas rawa adalah nama umum dari biogas yang terbentuk di lahan basah. Ini terdiri dari metana dengan campuran hidrogen sulfida dan karbon dioksida dalam komposisi minor.

Sementara pendapat lainnya menyebutkan, cahaya yang tertangkap kamera ini adalah serangga atau debu.

Berikut video penampakan cahaya putih yang memicu berbagai spekulasi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.