Sukses

Salam Hangat Korut untuk HUT ke-71 RI

Wamenlu Korut juga memuji upaya pemerintah dan rakyat Indonesia dalam meningkatkan kekuatan nasional dan posisinya di dunia internasional.

Liputan6.com, Pyongyang - Perayaan hari kemerdekaan Indonesia tak hanya berlangsung meriah di Tanah Air. Pun demikian dengan yang diadakan di beberapa negara, termasuk Korea Utara (Korut).

Perayaan HUT ke-71 RI di Korut menjadi sangat istimewa. Pasalnya, salah seorang pejabat tinggi Korut, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Ri Kil-song menyempatkan diri datang dalam resepsi diplomatik hari kemerdekaan RI di Taedonggang Diplomatic Club.

Dalam kesempatan tersebut, Ri menyampaikan selamat dan salam hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang merayakan HUT ke-71 kemerdekaannya.

"Tujuh puluh satu tahun yang lalu, setelah melalui perjuangan panjang dan gigih rakyat Indonesia berhasil mengakhiri dominasi asing dan mencapai kemerdekaannya," sebut Ri seperti dikutip dari keterangan pers KBRI Pyongyang kepada Liputan6.com yang dikutip Senin (22/8/2016).

"Setelah kemerdekaan, rakyat Indonesia berhasil meraih banyak kesuksesan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya guna mencapai rekonsiliasi nasional dan keberhasilan pembangunan ekonomi," sambung dia.

Selain itu, Wamenlu Korut juga memuji upaya pemerintah dan rakyat Indonesia dalam meningkatkan kekuatan nasional dan posisinya di dunia internasional. Sebagai salah satu negara pendiri Gerakan Nonblok di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia pun dengan tulus berharap agar Jokowi berhasil pada tahun-tahun mendatang, guna mencapai tujuan pembangunan Indonesia baru.

"Korea Utara menghargai tradisi hubungan persahabatan dengan Indonesia, yang dibangun oleh pemimpin terdahulu kedua negara. Pemerintah Korea Utara konsisten dengan posisinya yang menilai penting hubungan persahabatan dan kerja samanya dengan Indonesia serta terus memperluas dan mengembangkannya," paparnya.

"Begitu pula, ke depan Korea Utara akan melakukan upaya aktif untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral sesuai dengan tuntutan abad baru dan kehendak rakyat kedua negara,"' ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Korut, Bambang Hiendrasto menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas persahabatan yang terbina antara Korut dengan Indonesia.

"Indonesia dan Korea Utara, yang pondasinya diletakkan oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung 52 tahun lalu, yang hingga kini terpelihara dengan baik," ucapnya dalam sambutan pembuka.

Selain Wakil Menlu Korut, Ri Kil Song yang hadir sebagai tamu kehormatan, resepsi juga dihadiri oleh pejabat partai, sipil dan militer Korut, korps diplomatik, atase pertahanan/militer, pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional serta keluarga besar KBRI Pyongyang.

Pada resepsi diplomatik ini, KBRI Pyongyang berkesempatan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menayangkan video kompilasi obyek wisata Tanah Air berjudul Wonderful Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini