Sukses

Kematian Harimau Ini Jadi Berita Utama India

Machli, harimau betina yang mati itu menjadi terkenal karena tampil dalam banyak film dokumenter.

Liputan6.com, New Delhi - Harimau paling terkenal di India, Machli mati. Binatang buas berusia 19 tahun itu dikenal dengan sebutan "Queen of Ranthambore".

Machli digambarkan sebagai salah satu harimau yang paling banyak difoto di dunia. Dia memiliki corak khas berbentuk tanda ikan pada sisi kiri wajahnya.

Harimau betina itu menjadi terkenal karena tampil dalam banyak film dokumenter. Ia banyak membuat kagum para penonton, saat melawan buaya sebesar 4,2 meter.

Machli merupakan adalah salah satu hewan yang menarik perhatian ribuan wisatawan di Ranthambore National Park di Negeri Bollywood. India tercatat memiliki jumlah harimau lebih dari setengah populasi di dunia atau sekitar 2.226 ekor.

Berhenti Makan

Machli itu ditemukan kelaparan dan berbaring miring dekat batas taman di negara bagian Rajasthan utara. "Dia tidak makan berhari-hari," kata para pejabat seperti dikutip dari BBC, Kamis (18/8/2016). 

"Kami mencoba untuk memberikan pengobatan, tapi dia meninggal. Itu adalah kematian alami terkait dengan usianya," kata Direktur Proyek Harimau Ranthambore, Yogesh Kumar Sahu.

Menurut situs taman India tersebut, Machli dilaporkan melambat dalam beberapa tahun terakhir dan kehilangan hampir semua giginya.

Kematian Machli menjadi berita utama di India, dan para penggemarnya ikut berduka di media sosial dan memberikan penghormatan kepada "Queen Ranthambore".

Machli berasal dari kata Hindi yang artinya ikan. Ia diberi nama demikian, karena tanda mirip hewan air itu pada wajahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini