Sukses

Meriahnya Perayaan HUT ke-71 RI di Kanada

Ratusan hadirin yang menjejali ruang Java Room KJRI Toronto dihentak dengan alunan Kebyar-Kebyar.

Liputan6.com, Toronto - KJRI Toronto, Kanada menyelenggarakan acara Panggung Gembira untuk memperingati HUT RI ke-71 lebih awal. Tepatnya pada Sabtu, 6 Agustus 2016. 

Matahari yang terik dan cuaca yang panas sekitar 30 derajat Celcius tak menyurutkan animo ratusan masyarakat Indonesia di wilayah Toronto dan sekitarnya, untuk berbondong-bondong datang ke gedung KJRI Toronto. Guna mengikuti acara yang kembali digelar sejak terakhir diselenggarakan pada tahun 2011. 

Ketika jarum jam menunjukkan tepat pukul 12.00 siang, ratusan hadirin yang menjejali ruang Java Room KJRI Toronto dihentak dengan alunan Kebyar-Kebyar karya Almarhum Gombloh. Lagu dalam perayaan HUT ke-71 RI itu dibawakan apik oleh band Jarvis.

Lagu ini sontak membangkitkan semangat cinta Tanah Air para hadirin, khususnya dari kelompok dewasa dan orang tua. Setelah ibu Nancy Kusbayanti, Acting Konsul Jenderal RI Toronto, memberikan sambutan singkatnya, hadirin dimanjakan alunan gamelan Bali yang dibawakan grup Kayonan.

Grup tersebut mayoritas merupakan warga non-Indonesia. Berbagai unjuk kebolehan ditampilkan, diantaranya: tarian anak Kupu-Kupu (dari Jawa Tengah) dan Giring-giring (Kalimantan Tengah), tarian remaja Lenggang Melayu, kolaborasi ibu-ibu memainkan angklung dan kolintang, kolaborasi band dan gamelan Jawa, serta lenggak-lenggok para caregiver (perawat rumah) yang membawakan koleksi batik, abaya dan kebaya di atas catwalk. 

Tepuk tangan hadirin saling bersahutan, ketika masing-masing penampil menyelesaikan penampilan mereka, tak terkecuali saat 15 siswa Papua membawakan lagu Tugu Rere, Papua Dalam Cinta, dan Yamko Rambe Yamko. Kelima belas siswa tersebut merupakan sebagian dari total 35 siswa Papua yang menuntut ilmu di Humber College dan Bronte College, Toronto.

Tidak lupa sebagai bumbu meramaikan acara, panitia menggelar undian puluhan hadiah doorprize dari mulai jersey sepeda, laptop dan TV LED 40 inci. Setiap penarikan undian sebanyak 381 hadirin yang tercatat hadir, sibuk mencocokkan nomor yang tertera di gelang (wristband) mereka dengan kupon undian yang ditarik.

Para pemenang hadiah ternyata tidak hanya berasal dari kota Toronto, melainkan juga dari London, dan Kitchener Kanada, serta Rochester Amerika Serikat. Di samping menyaksikan penampilan dan pengundian hadiah di panggung, hadirin juga tampak antusias menanti giliran berfoto di photo booth bernuansa Indonesia yang disediakan panitia.

Tak terasa 4,5 jam telah berlalu, dan band Jarvis kembali tampil untuk menutup acara sore itu dengan lagu Gelang Sipaku Gelang (Sumatera Barat) untuk mengiringi hadirin yang berangsur meninggalkan tempat duduknya. Dari percakapan dengan para hadirin setelah acara, mereka menyatakan sangat puas dengan kemeriahan perayaan HUT ke-71 RI dan berharap tahun depan acara tersebut dapat kembali berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.