Sukses

Parlemen Afghanistan Tolak Belasan Calon Menteri

Parlemen Afghanistan menolak 17 nama dari 24 calon yang diajukan Presiden Hamid Karzai untuk membentuk kabinet baru.

Liputan6.com, Kabul: Parlemen Afghanistan, Sabtu (2/1), menolak 17 nama dari 24 calon menteri yang diajukan Presiden Hamid Karzai. Dari tujuh calon menteri yang mendapat persetujuan, seorang di antaranya adalah Abdul Rahim Wardak sebagai menteri pertahanan. Sementara mereka yang ditolak antara lain Sarwar Danish yang diplot menjabat menteri kehakiman dan Ismail Khan yang dicalonkan sebagai menteri energi. Husni Bano Ghazanfar satu-satunya wanita dalam kabinet Karzai juga ditolak parlemen.

Pembentukan kabinet merupakan ujian pertama Presiden Karzai dalam membangun pemerintahan yang bersih dari korupsi. Presiden Karzai mengajukan daftar kabinetnya dua pekan lalu dan separuhnya berasal dari kabinet lama. Presiden Karzai berharap dapat membentuk kabinetnya sebelum penyelenggaraan konferensi internasional yang bakal membahas masa depan Afghanistan di London, 28 Januari mendatang.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini