Sukses

8-8-1969: Kisah di Balik Kover Legenda Abbey Road The Beatles

Mungkin banyak yang belum tahu kisah menarik di balik kover album legendaris milik grup The Beatles.

Liputan6.com, Jakarta - Sampul depan menjadi identitas yang melekat pada setiap album yang dirilis musisi. Kendati banyak musisi memiliki cover album yang unik dan menarik, namun tak menjamin itu bisa menjadi legenda.

Salah satu kover yang legendaris adalah sampul album ke-11 berjudul 'Abbey Road'  milik band asal Inggris, The Beatles.

Seperti dimuat Ultimateclassicrock.com, bagian depan album ini menampilkan keempat personel The Beatles, yakni George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr dan John Lennon berjalan santai di zebra cross persimpangan 'Abbey Road', di luar EMI Studio, tempat di mana mereka merekam lagu.

Potret sampul album ini menjadi fenomenal karena menampilkan impresi yang begitu berkesan meski disajikan secara sederhana. Tak pelak banyak orang yang meniru gaya tersebut saat berfoto di zebra cross persimpangan tersebut.

Foto ini dijepret pada 8 Agustus 1969, 47 tahun silam, oleh fotografer paruh waktu, Ian Macmillan, yang merupakan teman John Lennon dan Yoko Ono. Ketika itu, sang juru foto menjepret gambar menggunakan kamera Hasselblad dengan lensa 50mm.

Menurut situs Beatlesbible, ide gaya foto cover album ini dicetuskan oleh Paul McCartney, sang basis. Ia mencoretkan usulannya dalam bentuk sketsa di kertas. Gambar tersebut kemudian dimodifikasi oleh Macmillan hingga menjadi lebih detail, seperti apa yang diinginkan McCartney.

Sebelum pemotretan dilakukan oleh Macmillan, para personel The Beatles difoto terlebih dahulu oleh Linda McCartnery, istri dari Paul McCartney. Polisi membantu proses pemotretan dengan menutup jalan agar tidak dilintasi untuk sementara waktu.

Macmillan mengambil foto dengan menggunakan tangga. Foto dijepret dari ketinggian sekitar 2 meter, sementara, keempat personel The Beatles tengah berpose seolah berjalan bersama melintasi zebra cross.

Sebelumnya para musisi tersebut sudah mencoba mengambil posisi paling pas saat berjalan setelah bolak balik persimpangan.

Sebanyak 6 foto berhasil dijepret dengan pose sedikit berbeda. Dalam cuaca yang panas terik di London Utara kala itu, McCartney tak mengenakan alas kaki saat difoto dalam empat foto pertama. Kemudian ia memakai sandal pada 2 foto lainnya. Setelah berdiskusi, akhirnya foto kelima terpilih sebagai sampul album.

Meski gambar persimpangan jalannya begitu terkenal hingga sekarang, namun kini kawasan tersebut sudah digusur dan dibangun perumahan real estate 'Abbey Road'. Letaknya di antara Boundary Road dan Belsize Road.

Sejarah lain mencatat pada 8 Agustus 1945, Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang dan memulai Operasi Ofensif Strategis Manchuria. Kemudian pada 8 Agustus 1946, dimulai penerbangan Convair B-36 yang mengirim senjata nuklir pertama di dunia secara besar-besaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini