Sukses

Top 3: Matikan Lampu Malam Ini dan Lihat Apa yang Terjadi

Bagaimana caranya untuk melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintangnya? Matikan lampu malam ini, dimulai pukul 20.00-21.00.

Liputan6.com, Jakarta - Merupakan sebuah kegiatan yang mengasyikkan jika bisa melihat fenomena Bima Sakti atau atau Milky Way. Sayangnya hampir mustahil bagi kita untuk bisa melihat fenomena langka tersebut di tengah-tengah perkotaan yang sudah terlalu banyak dengan polusi cahaya.

Lalu bagaimana caranya untuk melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintangnya? Salah satunya dengan mematikan lampu di luar ruangan. Tepatnya pada hari ini, dimulai pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Ajakan tersebut menyita banyak perhatian pembaca Liputan6.com kanal Global, edisi Sabtu (6/8/2016) malam.

Dua kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian adalah 5 ibu negara eks 'model panas' dan fenomena langit malam menakjubkan yang tak boleh dilewatkan malam ini.

Berikut Top 3 Global selangkapnya:

1. Matikan Lampu dan Bersiap Lihat Fenomena Langit Langka 6 Agustus

Milky Way di langit Selandia Baru. (Rob Dickinson/Caters)

Masyarakat perkotaan dunia kini jarang bahkan tak dapat melihat malam langit gelap bertabur bintang, akibat polusi cahaya yang makin parah. Hal itu disebabkan karena berhamburnya cahaya lampu kota yang menyebabkan langit tampak terang, sehingga mengalahkan cahaya bintang.

Untuk itu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mematikan lampu yang berada di luar ruangan pada Sabtu, 6 Agustus 2016, pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Pemilihan tanggal 6 Agustus sendiri selain memperingati Hari Keantariksaan, juga terkait dengan musim kemarau pada bulan Agustus, sehingga berpeluang besar untuk mengamati langit yang cerah bertabur bintang kalau gangguan polusi cahaya diminimalkan.

Lalu pemandangan langka apa yang akan terjadi begitu lampu dimatikan?

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, jika itu dilakukan, niscaya langit malam ini akan berhias Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Selengkapnya...

2. Carla Bruni, Evita Peron...Ini 5 Ibu Negara eks 'Model Panas'? 

Carla Bruni hingga Evita Peron, 5 Model Cantik Jadi First Lady (Reuters)

Melania Trump mungkin akan menambah daftar ibu negara dengan latar belakang sebagai model atau artis terkenal.

Kelak jika menjadi Flotus, first lady of United States, Melania, merupakan ibu negara dengan latar belakang model dan fashion ke-3 yang akan berada di Gedung Putih.

Selain Melania, para istri dari Presiden Amerika Serikat pendahulunya juga berprofesi sebagai model. Salah satunya adalah Pat Nixon,  istri Presiden AS ke-37 Richard Nixon dan Betty Ford.

Selain Pat Nixon dan Betty Ford, berikut ini adalah model-model cantik yang mendampingi para politikus muda hingga menjadi orang nomor satu di negaranya masing-masing. 

Selengkapnya...

3. 5 Pemandangan Langit Malam Menakjubkan yang Tak Boleh Dilewatkan

Galaksi Bima Sakti dilihat dari La Silla Observatory di Chile (ESO)

Galaksi Bima Sakti atau Milky Way yang sebenarnya dapat dinikmati keindahannya secara langsung. Kapan tepatnya kita bisa melihat fenomena langka itu? Tepatnya hari ini, Sabtu, 6 Agustus 2016, pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Caranya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mematikan lampu yang berada di luar ruangan.

Para ilmuwan meyakini bahwa sepertiga penduduk Bumi tak dapat melihat Milky Way atau Galaksi Bima Sakti pada langit malam.

Mereka juga mengatakan, sebanyak 83 persen populasi dunia dan lebih dari 99 persen populasi di AS dan Eropa hidup di bawah polusi cahaya yang disebabkan karena bertaburnya lampu, terutama di perkotaan, sehingga menyebabkan langit tampak terang dan mengalahkan cahaya bintang.

Inilah beberapa fenomena yang akan Anda lihat malam ini saat langit malam benar-benar terbebas dari polusi cahaya.

Selengkapnya...

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini