Sukses

5 Pemandangan Langit Malam Menakjubkan yang Tak Boleh Dilewatkan

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan mungkin belum pernah menyaksikan pemandangan menakjubkan berikut secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mematikan lampu yang berada di luar ruangan pada Sabtu, 6 Agustus 2016, pukul 20.00-21.00 waktu setempat. Lalu, apa maksud kegiatan tersebut?

Dilakukan bertepatan dengan Hari Keantariksaan, Lapan menggagas kegiatan itu sebagai kampanye "Malam Langit Gelap". Tujuannya, untuk membangun kesadaran publik tentang menyelamatkan malam dari polusi cahaya yang telah mengubur keindahan langit malam.

Galaksi Bima Sakti atau Milky Way yang sebenarnya dapat dinikmati keindahannya secara langsung, seakan menghilang dari pandangan karena terhalang oleh polusi cahaya.

Menurut penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Science Advances, para ilmuwan meyakini bahwa sepertiga penduduk Bumi tak dapat melihat Milky Way atau Galaksi Bima Sakti pada langit malam.

Mereka juga mengatakan, sebanyak 83 persen populasi dunia dan lebih dari 99 persen populasi di AS dan Eropa hidup di bawah polusi cahaya yang disebabkan karena bertaburnya lampu, terutama di perkotaan, sehingga menyebabkan langit tampak terang dan mengalahkan cahaya bintang.

Sebagian orang yang saat ini telah berumur paruh baya, kemungkinan pernah merasakan indahnya langit malam berhias bintang ketika masih kecil. Bahkan beberapa dari mereka, mungkin pernah bermain di pekarangan rumah bermandikan cahaya purnama.

Sayangnya, saat ini pesona langit malam telah 'terkubur' dan hampir sama sekali tak dapat dinikmati, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan.

Apakah Anda, khususnya generasi sekarang, pernah membayangkan atau bahkan menyaksikan secara langsung pemandangan langit malam yang benar-benar terbebas dari polusi cahaya?

Beberapa foto yang diabadikan di sejumlah tempat minim polusi cahaya berikut ini, mungkin akan membuat Anda langsung memutuskan untuk bergabung dengan kampanye "Malam Langit Gelap".

1. Langit Malam Bertabur Bintang

Langit malam yang bertabur bintang (NASA)

2. Bima Sakti Menghiasi Langit Gurun Atacama

Milky Way di dekat Teleskop Raksasa di Gurun Atacama (ESO)

3. Milky Way di Atas Pegunungan Alpen

Milky Way menghiasi langit Pegunungan Alpen (NASA)

4. Memandang Galaksi Bima Sakti dari La Silla Observatory

Galaksi Bima Sakti dilihat dari La Silla Observatory di Chile (ESO)

5. Milky Way di Langit Paranal, Chile

Milky Way di langit Paranal, Chile (ESO)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.