Sukses

Pria Bersenjata Mengamuk di Finlandia, Empat Tewas

Empat orang ditemukan tak bernyawa setelah insiden penembakan di Espoo, sebuah kota dekat Helinski, Findlandia. Belakangan diketahui, tersangka bernama Ibrahim Shkupolli, 43 tahun, yang menembak dari sebuah toko bahan makanan.

Liputan6.com, Espoo: Tiga pria dan seorang perempuan tewas dalam insiden penembakan di pusat perbelanjaan Sello di Espoo, dekat Helsinki, Findlandia, Kamis (31/12) pada pukul 10.08 waktu setempat. Saat penembakan, pusat perbelanjaan tersebut tengah ramai pembeli. Belakangan diketahui, tersangka bernama Ibrahim Shkupolli, 43 tahun, yang menembak dari sebuah toko bahan makanan.

Mika Pettersson, editor kantor berita STT Finlandia yang juga saksi penembakan mengatakan, awalnya pengunjung mall menyangka letusan adalah suara kembang api. "Orang-orang melihat seorang bersenjata, tenang, berjalan keluar dari toko setelah penembakan," kata Pettersson seperti dikutip CNN. Tapi setelah menyadari peristiwa sesungguhnya, sebagian pengunjung mulai panik.

Pelaku diduga menggunakan pistol 9 milimeter. Pascapenembakan, petugas keamanan langsung memblokir perjalanan kereta yang menuju Espoo. Rumor beredar, motif pelaku penembakan adalah rasa cemburu suatu hubungan.

Insiden penembakan juga terjadi di Findlandia, September tahun silam, saat mahasiswa Seinajoki University bernama Matti Juhani Saari membunuh 10 orang sebelum menembak dirinya sendiri. Saari mempersenjatai dirinya dengan pistol semi-otomatis dan bom molotov. Demikian juga dengan Eric Auvinen, 18 tahun, membunuh tujuh rekan mahasiswa dan kepala sekolah di Jokela High School, November 2007. Ia pun menembak dirinya.

Finlandia memiliki catatan buruk pembunuhan dengan proporsi yang tinggi untuk kepemilikan senjata. Dari lima juta penduduknya, dua juta di antaranya memiliki senjata api.(RST/ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini