Sukses

Video Kepanikan di Kabin Emirates Airlines yang Terbakar di Dubai

Rekaman itu memperlihatkan kepanikan penumpang menjelang detik-detik Emirates Airlines terbakar dan meledak.

Liputan6.com, Dubai - Emirates Airlines mengalami crash landing saat mendarat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, pada Rabu, 3 Agustus 2016. Sebuah rekaman memperlihatkan kepanikan para penumpang tatkala harus dilakukan evakuasi akibat terbakarnya pesawat.

Teriakan ketakutan para penumpang dan kru kabin Emirates Airlines EK521 yang mencoba membuka pintu darurat terdengar di pesawat yang membawa 300 orang itu. Kendati demikian, masih terlihat ada beberapa penumpang mencoba menyelamatkan barang-barang di kabin, meski atap mulai rontok karena api yang menjalar.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (4/8/2016), rekaman itu dilakukan oleh seorang perempuan dengan nama akun Rehanquereshi. Selain merekam horor kepanikan, ia juga menuntun anak-anaknya keluar dari pintu darurat.

Dari pintu darurat, seluncur pesawat telah mengembang dan para penumpang meluncur menyelamatkan diri. Terdengar suara 'lompat, lompat, lompat!'

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke pesawat Emirates Airline yang hangus terbakar di Bandara Internasional Dubai, UEA, Rabu (3/8).Kecelakaan ini saat pesawat mencoba mendarat. (Reuters)

Perempuan itu terus merekam insiden penuh drama itu hingga kameranya memperlihatkan mesin terbakar serta asap membumbung dari badan pesawat Emirates Airlines yang berangkat dari India ke Dubai itu.

Menurut laporan, pilot mencoba membatalkan pendaratan sebelum pesawat itu kecelakaan. Pilot mengatakan kepada Air Traffic Controllers (ATC) kalau mereka memilih memutar.

Namun, pihak ATC mengingatkan pilot Boeing 777 itu menurunkan ban pesawat karena menurut peraturan Aviation Herald ketinggian itu mewajibkan landing gear turun.

Terlihat dalam rekaman, perut pesawat itu memperlihatkan adanya percikan api.

Salah satu saksi mata Ibrahim Thomas mengatakan, ia duduk di baris depan dekat jendela dan betapa beruntungnya ia dan seluruh penumpang berhasil keluar hidup-hidup.

"Aku duduk di depan dekat jendela. Aku bisa melihat mesin kanan pesawat itu terbakar lalu melihat api di kabin. Dan dalam waktu 5 menit, pintu darurat terbuka oleh para kru," kata dia.

Ketika ditanya apakah ada pikiran bakal tewas, ia menjawab, "jelas ada..."

Saksi mata yang lain mengatakan, ia melihat asap di badan pesawat sebelum burung besi itu menyentuh landasan. Sementara yang lain curiga suhu udara 50 derajat Celcius bisa jadi kemungkinan faktor kecelakaan dan ada laporan angin pasir yang berputar kencang saat itu.

Seluruh orang di pesawat itu, termasuk 24 warga Inggris dan 6 AS, berhasil selamat. Mereka keluar dari pesawat tanpa lecet sedikitpun. Tak beberapa lama, Boeing 777 meledak.

Berikut rekaman 'horor' penumpang menyelamatkan diri sebelum Emirates Airlines terbakar.

Makan Korban

Kendati demikian, kecelakaan itu telah memakan korban di darat. Adalah petugas pemadam kebakaran, Jasim Issa Mohammed Hassan tewas saat berusaha memadamkan api. Sementara 10 orang lainnya menderita luka sedang.

Video juga memperlihatkan bagaimana penumpang berlari kencang menuju hanggar terdekat sebelum pesawat Emirates Airlines itu meledak.

Video Kepanikan di Kabin Emirates Airlines yang Terbakar di Dubai (Al Arabiya)

Para penumpang juga menceritakan bagaimana para kru bergegas melakukan penyelamatan darurat.

"Asap begitu cepat memenuhi kabin. Tak ada pengumuman. Pintu darurat dibuka," ujar salah satu penumpang.

Kapten pilot Emirates Airlines EK521 itu dipercaya telah mengirimkan sinyal darurat sebelum mendarat darurat.

Ahli penerbangan mengatakan masih terlalu dini menyimpulkan sebab kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.