Sukses

Ibu Tertua di Australia, Melahirkan di Usia 63 Tahun

Wanita dari Tasmania ini menjadi orang tertua pertama Australia yang menjadi ibu di usia 63 tahun.

Liputan6.com, Tasmania - Memiliki buah hati yang dilahirkan dari rahim sendiri boleh dibilang menjadi impian setiap wanita. Namun, tak semuanya bisa merasakan proses tersebut secara alamiah, seperti yang dialami oleh warga negara Australia ini.

Wanita dari Tasmania ini menjadi orang tertua pertama Australia yang menjadi ibu di usia 63 tahun. Ia melahirkan bayi perempuan usai kandungan selama 34 minggu, melalui operasi caesar di Melbourne pada 1 Agustus lalu.

Setelah bertahun-tahun prosedur In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung gagal, ibu baru yang pasangannya berusia 78 tahun mengandung menggunakan embrio dari seorang donor luar negeri.

Dia dan putrinya kini tengah menjalani pemulihan di sebuah rumah sakit swasta di Melbourne yang dirahasiakan.

Rekor Australia sebelumnya dipegang seorang wanita yang melahirkan anak pertamanya pada 60 tahun pada 2010. Wanita Rumania bernama Adriana Iliescue tercatat menjadi ibu tertua di dunia saat ia melahirkan pada tahun 2005 berusia 66 tahun.

Seorang spesialis reproduksi Australia mengatakan biasanya klinik IVF menolak pengobatan untuk wanita di atas usia 53, yang digambarkan sebagai periode "akhir kehamilan alami".

"Anak itu akan perlu perawatan selama 20 tahun dan ada kemungkinan dia tidak akan mampu melakukannya," profesor Monash University Gab Kovacs mengatakan kepada surat kabar Herald Sun yang Liputan6.com kutip Rabu (3/8/2016).

"Tubuh kita tidak dirancang untuk memiliki anak di usia 60 tahun," ia melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.