Sukses

Korsel: Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Sebelumnya, pada 19 Juli lalu, Korut telah menembakkan tiga rudal balistik dari pantai timurnya.

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik pada Rabu (3/8/2016) sekitar pukul 07.50 waktu setempat, demikian menurut keterangan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Rudal tersebut ditembakkan dari sebuah area di Provinsi Hwanghae, Korea Utara. Hingga saat ini belum diketahui jenis peluru kendali yang ditembakkan.

Seperti dilansir dari CNN, pada 19 Juli lalu Korea utara menembakkan tiga rudal balistik dari pantai timurnya.

Menurut juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Jeon Ha-gyu, rudal tersebut diyakini berjarak pendek, yakni jenis Scud atau Rodong, yang dapat mencapai jarak 500 hingga 600 kilometer.

Media Pemerintah Korea Utara mengatakan, pemimpin Korut Kim Jong-un, memberikan panduan lapang secara pribadi untuk latihan itu.

Bulan lalu, bersama dengan Amerika Serikat, Korea Selatan mengumumkan akan mengerahkan sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Seongju, sekitar 250 kilometer di tenggara Seoul.

Ketika telah aktif, sistem tersebut diperkirakan dapat melindungi dua per tiga wilayah Korea Selatan jika terjadi serangan dari Korut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini