Sukses

Penampakan Wajahnya Ada di Permukaan Mars, Donald Trump 'Alien'?

Sejumlah pencetus teori konspirasi berpikir bahwa Donald Turmp memiliki kekuatan yang berasal dari alien.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penampakan di Mars membuat sejumlah pencetus teori konspirasi berpikir bahwa calon presiden dari Partai Republik Amerika Serikat, Donald Trump, memiliki kekuatan yang berasal dari alien.

Terlihat di gambar yang diambil oleh rover (robot penjelajah) Opportunity milik NASA, wajah Trump tampak berada di sebuah permukaan batu di Mars. Beberapa orang percaya bahwa hal tersebut menjadi tanda bahwa pencalonan Trump melibatkan kekuatan makhluk ekstraterrestrial.

"Wajah, hidung, dan rambutnya tampak seperti Trump dan aku harus memberi tahumu," ujar peminat kehidupan ekstraterrestrial, Scott C. Waring, dalam blog UFO Sightings Daily.

Penampakan aneh itu membuat beberapa pemburu alien mempertanyakan tempat kelahiran Trump yang asli. Dikutip dari Daily Mail, Selasa (2/8/2016), mereka percaya bahwa capres Partai Republik itu memiliki hubungan dengan makhluk luar Bumi.

Penampakan 'wajah' Trump di permukaan Mars (NASA/ufosighthingsdaily.com)

"Apakah ini simbol alien bahwa dalam budaya Mars memiliki kekuasaan dan prestise... Salah satu yang menyebabkan orang-orang dari planet ini merasa berkuasa," kata Waring.

"Apakah ini merupakan pertanda bahwa Trump adalah alien?" tambahnya.

Waring menjelaskan bahwa 'wajah' Trump di Mars digambarkan dengan detail.

Sejumlah orang pun menganggap Trump merupakan bagian dari ras alien dan memiliki kekuatan magis yang menyebabkannya dapat memenangkan hati sejumlah warga Amerika.

"Ia tampaknya memiliki kekuatan magis dalam suaranya yang menyebabkan pendukungnya histeris dan setia," jelas Waring.

Penampakan 'wajah' Trump di permukaan Mars (NASA/ufosighthingsdaily.com)

Namun beberapa orang menganggap bahwa itu hanya sebuah batu bergerigi yang memiliki bayangan hitam.

Wajah politikus yang terlihat di permukaan Mars bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya kepala Presiden Barack Obama juga diklaim terlihat di permukaan Mars pada 2005.

"Dengan melihat bentuknya, aku dapat berkata bahwa itu merupakan patung seluruh badan, namun dari bahu hingga bawah terkubur," jelas Waring.

Penampakan 'wajah' Barack Obama di permukaan Mars (Daily Mail)

Sebenarnya, penampakan pola wajah manusia atau di permukaan Mars dapat dijelaskan secara ilmiah.

Apa yang dilihat orang-orang itu merupakan efek pareidolia -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Contoh lain dari pareidolia misalnya ketika manusia menatap ke arah Bulan yang bersinar di langit malam, ada yang mengira melihat bayangan nenek atau kelinci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.