Sukses

Sambaran Kilat ke Gedung Empire State Patahkan Mitos soal Petir

Sebuah rekaman video kilat menyambar Empire State meruntuhkan mitos tentang petir.

Liputan6.com, New York City - Pernahkah mendengar ungkapan 'kilat tak akan menyambar lokasi yang sama dua kali?'

Ternyata, itu adalah mitos belaka. Jelas, petir mampu menyambar satu lokasi yang sama lebih dari dua kali. Hal itu berlaku bagi salah satu gedung tertinggi di New York City, Empire State Building.

Gedung setinggi 102 lantai itu merupakan 'tempat favorit' Thor--Dewa Petir di New York. Tiap tahunnya, pencakar langit itu 'disambangi' petir hingga 23 kali.

Thor kembali menghampiri ikonik New York itu pada Senin 25 Juli 2016. Aksi Dewa Petir itu rupanya tertangkap oleh fotografer Henrik Moltke. Saat itu, hujan badai tengah melanda kota berjuluk Big Apple itu.

Sambaran cahaya putih 'menyentuh' bagian atas pencakar langit Manhattan itu, lantas berubah menjadi pink dan merah.

Moltke memposting foto dan rekaman sambaran kilat itu di Twitter dan video berbagi. Semenjak saat itu, unggahannya pun menjadi viral.

Dilansir dari Syracuse.com Rabu (27/7/2016), meski Empire State adalah lokasi paling sering dikunjungi petir, namun sangat jarang momen itu tertangkap oleh kamera.

Saat hujan badai melanda New York City, gelombang panas mencapai temperatur hingga 32 derajat Celcius.

Seperti apa sambaran petir di Empire State Building? Berikut rekamannya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.