Sukses

Top 3: Ini Fenomena Aneh di Kawasan 'Akhir Dunia'

Keberadaan kawasan di segala penjuru planet yang menyimpan fenomena unik ini mencuri perhatian dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kawasan di segala penjuru planet yang menyimpan fenomena unik seperti belasan 'kantong gas' karbon dioksida dan metana bawah permukaan Siberia, menarik perhatian para pembaca Liputan6.com edisi Senin (25/7/2016) pagi.

Foto imut His Royal Highness Prince George Alexander Louis of Cambridge, yang memperlihatkan pangeran kecil tengah bersama anjing juga menjadi sorotan.

Sementara berita lainnya yang mencuri perhatian publik adalah 'nyonya setan' sosok calon presiden pertama wanita di AS, Victoria Woodhull.

Selengkapnya dalam Top 3 Global:  

1. Fenomena Aneh Ditemukan di Dekat Kawasan 'Akhir Dunia'

Tanah yang bergetar ditemukan dalam eskpedisi di Belyy Island (The Siberian Times/Alexander Sokolov)

Permukaan tanah lunak, yang mirip trampolin saat diinjak, terungkap keberadaannya di tundra terpencil di Belyy Island, Siberia utara, di perairan Laut Kara, dekat Semenanjung Yamal -- yang berarti 'akhir dunia' dalam bahasa penduduk asli Nenets.

Setidaknya 15 'kantong gas' yang ditemukan di kepulauan Arktik (Kutub Utara) tersebut. Masing-masing berdiameter sekitar 1 meter.

Keberadaan kantong gas di bawah tanah beku (permafrost) tak hanya menambah daftar keganjilan di wilayah tersebut, tapi juga menjadi peringatan yang mengkhawatirkan bagi penduduk Bumi.

Para peneliti yang melakukan ekspedisi tersebut kemudian menyingkirkan lapisan tanah berumput di atasnya. Berdasarkan pengukuran, konsentrasi karbon dioksida yang dilepaskan sekitar 20 kali di atas normal. Sementara, kadar metana (CH4) bahkan 200 kali lebih tinggi.

Selanjutnya...

 

2. Foto Menggemaskan Pangeran George dan Anjingnya Menuai Kritikan

Foto Pangeran George dan anjingnya Lupo, mengemaskan namun juga dikritik (Lupo)

Bayi istimewa yang lahir pada 22 Juli 2013 itu kini sudah besar. His Royal Highness Prince George Alexander Louis of Cambridge atau Yang Terhormat Pangeran George Alexander Louis dari Cambridge tahun ini genap berusia 3 tahun.

Untuk memperingati hari jadi pewaris nomor tiga takhta Kerajaan Inggris itu, sejumlah foto resmi dirilis oleh orangtuanya, Duke dan Duchess of Cambridge -- Pangeran William dan Kate Middleton.

Empat foto yang dirilis menunjukkan Pangeran George di rumah keluarganya di Norfolk, Anmer Hall. Gambar-gambar itu diabadikan oleh fotografer Matt Porteous pada pertengahan Juli 2016.

Salah satu foto menunjukkan sang pangeran sedang bermain bersama anjing kesayangannya, Lupo.

Selanjutnya...

 

3. 'Nyonya Setan', Perempuan Pertama Capres AS

'Nyonya Setan' Perempuan Pertama Capres AS (american history)

Pada 2 November 1872, 3 hari sebelum warga AS pergi ke bilik pemilihan untuk memilih presiden ke-19, salah satu kandidat capres ditahan.

Yang lebih mengejutkan, yang ditangkap adalah seorang perempuan. Namun ia bukanlah sembarang perempuan. Victoria Claflin Woodhull adalah salah satu kandidat capres AS yang paling kontroversial pada masa itu.

American History mencatat, Victoria Woodhull adalah perempuan pertama yang mencalonkan diri menjadi calon orang nomor satu di AS.

Pada masa itu, perempuan yang mencalonkan diri sebagai capres AS dipandang sebagai ide konyol. Namun tidak bagi Victoria. Kampanyenya penuh dengan hal kontroversial. Itu yang membuatnya harus mendekam dalam penjara.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.