Sukses

Kematian Pertama Akibat Pokemon Go Terjadi di Guatemala

Berbagai pihak kini mulai memperingatkan bahaya permainan Pokemon Go yang mendunia.

Liputan6.com, Guatemala City - Untuk pertama kalinya, fenomena permainan Pokemon Go menelan korban jiwa. Peristiwa itu terjadi di Guatemala.

Dua remaja yang merupakan saudara sepupu, Jerson Lopez de Leon (18) dan Daniel Moises Picen (17), dikabarkan tengah asyik berburu Pokemon di sepanjang rel kereta api di Jalan Chiquimula, sekitar 200 km dari Guatemala City. Dan tiba-tiba saja mereka diserang tembakan peluru dari sebuah mobil van putih.

Seperti dilansir News.com.au, Kamis (21/7/2016) belum jelas apa yang memicu serangan. Namun pihak kepolisian meyakini perburuan Pokemon telah menuntun kedua remaja itu memasuki wilayah yang berbahaya.

Akibat peristiwa penyerangan dengan senjata api itu, Jerson Lopez de Leon tewas, sementara sepupunya Daniel Moises Picen menderita luka parah. Terdapat 20 selongsong peluru yang ditemukan di tempat kejadian sementara penyelidikan terhadap pelaku hingga kini masih terus berlangsung.

Ibu korban tewas, Rosalinda, mengatakan ia sama sekali tidak berharap anaknya meninggalkan rumah untuk bermain Pokemon Go.

"Saya tidak tahu mengapa anak saya meninggalkan rumah. Dia sudah bersiap tidur ketika saudara sepupunya mengirimkan SMS memintanya keluar rumah dan mengunduh sebuah permainan beberapa blok dari rumah," ujar Rosalinda.

Sementara itu di Baltimore, Amerika Serikat (AS), pihak kepolisian mengeluarkan peringatan bahwa Pokemon Go sama sekali tidak menyenangkan. Mereka bahkan merilis bahaya memainkan permainan fenomenal ini.

Video itu memuat adegan ketika seseorang mencoba berburu Pokemon ketika ia tengah menyetir. Tak lama, ia pun menabrak sebuah mobil polisi.

Melihat kejadian itu, petugas berlari untuk memeriksa kondisi sang pengemudi SUV. Ternyata, ia selamat dan polisi mendapati tangan sang pengemudi masih memegang ponsel.

"Itulah yang saya dapatkan akibat game 'bodoh' ini," ujar salah seorang petugas polisi.

Di Brisbane, Australia seorang remaja perempuan mengalami patah lengan setelah tertimpa dahan pohon ketika tengah menikmati perburuan Pokemon. Ia pun segera dilarikan ke Rumah Sakit Royal Brisbane, kondisinya pada saat itu dilaporkan stabil.

Para pemburu Pokemon Go di Bosnia juga telah diingatkan untuk menghindari lokasi lahan ranjau darat sisa konflik 1990-an. Diperkirakan terdapat 120.000 ranjau yang masih tertanam di negara itu pasca-Perang Bosnia 1992-1995.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini