Sukses

Tragis, Wartawan Investigasi Ukraina Tewas 'Melindas' Bom

Pavel Sherement tengah mengendarai mobilnya menuju kantor. Namun, tiba-tiba kendaraan itu meledak.

Liputan6.com, Kiev - Seorang wartawan terkenal Ukraina yang bekerja untuk majalah investigasi, Ukrayina Pravda, tewas terbunuh akibat bom mobil di tengah Kota Kiev. Insiden itu terjadi pada Rabu, 20 Juli 2016 pagi.

Pavel Sherement tengah mengendarai mobilnya menuju kantor. Namun, tiba-tiba kendaraan itu meledak. Hal itu diungkapkan oleh penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko.

Dua saksi mata kepada Reuters TV mengatakan mereka mendengar suara ledakan keras. Tak hanya itu, mereka melihat ledakan dari bawah mobil yang diletakkan di jalan raya tatkala roda empat itu melaju di tengah jalan.

"Saya sangat kaget. Saya tak tahu harus berkata apa," kata kepala polisi, Khatia Dekanoidze.

"Saya sendiri yang akan memimpin penyelidikan kasus ini," ucap Dekanoidze, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (20/7/2016).

Sementara itu, Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman mengungkapkan kesedihannya di Facebook.

"Hari ini dimulai dengan berita yang menyedihkan. Wartawan hebat Ukraina, Pavel Sherement, tewas terbunuh pagi hari ini," tulis PM Groysman.

Nasib Dekanoidze mirip dengan pendiri surat kabar Ukrayina Pravda, tempat ia bekerja, Georgiy Gongadze.

Sebelumnya, 16 tahun lalu, wartawan investigasi itu tewas dibunuh. Insiden itu membuat Revolusi Oranye yang tengah berlangsung terhenti. Tubuh Gongadze ditemukan di sebuah hutan di luar Kota Kiev.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.