Sukses

Ini Bukti Melania Trump 'Jiplak' Pidato Michelle Obama?

Pidato Melania Trump dalam pembukaan konvensi Partai Republik menuai polemik. Ia menjiplak kata-kata Michelle Obama?

Liputan6.com, Cleveland - Mengenakan gaun putih, dengan lengan gembung rancangan desainer kelahiran Serbia, Roksanda Ilincic, Melania Trump melangkah percaya diri ke panggung di malam pembukaan Konvensi Partai Republik di Cleveland, Senin 18 Juli 2016.

Malam itu, Melania Trump, perempuan asli Slovenia itu akan menyampaikan pidato paling penting di sepanjang hidupnya, sebagai calon ibu negara Amerika Serikat, di depan 23 juta penonton televisi. Sang suami, Donald Trump ingin ia tampil dengan sempurna. Namun, yang terjadi kemudian sama sekali tak sesuai dengan rencana.

Sejumlah kalimat yang diucapkan Nyonya Trump justru menjadi pengulangan dari pidato Michelle Obama pada Konvensi Partai Demokrat 8 tahun lalu. Tak semua memang, namun kemiripan antara keduanya sungguh mencolok. Dugaan plagiarisme pun mencuat.

Orang pun bertanya-tanya, mengapa istri capres Republik meminjam kata-kata dari Ibu Negara AS saat ini yang berasal dari Partai Demokrat?

"Hal tersebut tak seharusnya terjadi," kata  Matt Latimer, penulis pidato Gedung Putih untuk Presiden George W Bush, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (20/7/2016). "Padahal itu adalah pidato 'home run' yang mudah dari seorang imigran yang sukses dan berpenampilan menarik, yang bicara tentang suaminya."

Kubu Partai Republik pun melancarkan pembelaan. "Sekitar 93 persen pidato keduanya sama sekali berbeda," kata Gubernur New Jersey, Chris Christie.

Namun, astrofisikawan, Bob Rutledge punya perhitungan lain. Ia mengalikan jumlah kata dalam pidato Melania Trump yang mirip Michelle Obama, dengan faktor lainnya, hingga menghasilkan kalkulasi: 14x13x12x11x10x9x8x7x6x5x4x3x2x1.

Kesimpulan dari perhitungan rumit itu, peluang bahwa pidato Melania Trump bukan jiplakan adalah 1 dibanding 87 miliar.

"Angka itu hampir sama dengan jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti," kata Rutledge, seperti dikutip situs ABC Australia.

Berikut video yang menjadi 'bukti' pidato Melania Trump mengulang pidato Michelle Obama:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.