Sukses

Dubes Blake Ungkap 5 'Pioneer' Pemerintahan RI

Blake mencatat ada orang-orang yang punya inovasi besar dalam memimpin daerah-daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kurang lebih tiga tahun bertugas, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake akhirnya resmi mengakhiri masa tugasnya di Tanah Air. Mulai Selasa 19 Juli 2016, ia tak lagi menyandang 'gelar' tersebut.

Selama bertugas, Dubes AS untuk Indonesia itu menyatakan banyak hal baik yang dilihatnya di Indonesia. Namun, ada satu yang membuatnya cukup terkesan.

Hal itu adalah munculnya generasi pemimpin baru yang punya gaya kepemimpinan unik, namun banyak membuat perubahan ke arah lebih baik.

Dia mengatakan, era baru kepemimpinan Indonesia sudah dimulai ketika Joko Widodo menjabat Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Hebatnya lagi, era tersebut tak berhenti di Jokowi. Blake mencatat ada tiga orang lain yang punya inovasi besar dalam memimpin daerah-daerah di Indonesia.

"Sebuah generasi baru pemimpin Indonesia (dimulai dari) Presiden Joko Widodo sendiri. Lalu ada Gubernur Ahok, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ibu Risma di Surabaya," kata Blake di Wisma Antara, Senin (18/7/2016).

"Mereka semua adalah pioneer dari good governance, dan mereka punya inovasi seperti smart city dan teknologi yang berbasis pada internet," sambung dia.

Dengan adanya pemimpin-pemimpin nan inovatif ini, Blake yakin masa terbaik Indonesia bukan terjadi saat ini. Namun, waktu itu belum tiba.

"Tren domestik yang ada di Indonesia membuat masa terbaik untuk Indonesia terbentang luas di masa mendatang," pungkas Blake.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini