Sukses

10 Tindakan Medis 'Bar-bar' yang Masih Diterapkan Hingga Saat ini

10 proses pengobatan bar-bar di masa lalu tersebut terbukti efektif dan masih digunakan dalam bidang kedokteran hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan berkembangnya teknologi dunia medis, kini semakin banyak metode pengobatan yang lebih 'ramah' dan 'tidak menyakitkan'.

Para dokter juga akan mencoba menenangkan pasien mereka terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan. Tak jarang bahkan menggunakan obat penenang.

Namun, pernahkah terpikir oleh Anda seperti apa kira-kira metode pengobatan di zaman ketika alat-alat medis modern belum ditemukan. Dan apakah metode penyembuhan kuno itu masih digunakan hingga masa sekarang?

Seperti yang dikutip Liputan6.com dari Listverse.com, Kamis (14/7/2016), ternyata masih ada beberapa cara pengobatan 'bar-bar' dari masa lalu yang masih dipraktikkan hingga sekarang.

Berikut selengkapnya 10 metode pengobatan 'bar-bar' itu:

1. Pengikisan Rahim

10 proses pengobatan bar-bar di masa lalu tersebut terbukti efektif dan masih digunakan dalam bidang kedokteraan hingga saat ini (Listverse.com).

Bidang ilmu kebidanan dan kandungan diduga merupakan sektor pengobatan yang paling 'berdarah' dalam dunia medis. Dulunya, kebanyakan perempuan harus menjalani proses pengikisan rahim atau currettage. Umumnya, ini diakibatkan oleh masalah rahim seperti keguguran.

Prosesnya dilakukan dengan menggunakan alat bernama kuret, yang dimasukkan ke dalam rahim melalui vagina untuk mengikis lapisan dinding rahim.

Jaringan yang didapatkan dari hasil kuratase akan dianalisa untuk menyelidiki apa yang menjadi penyebab masalah di rahim.

Pada wanita keguguran, pengikisan rahim dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa-sisa cabang bayi yang tertinggal. Meskipun cara ini terbilang mengerikan dan 'kasar', tapi proses pengobatan ini cukup efektif dan masih digunakan hingga detik ini.

2. 'Pengeboran' Kepala

10 proses pengobatan bar-bar di masa lalu tersebut terbukti efektif dan masih digunakan dalam bidang kedokteraan hingga saat ini (wikipedia).

Proses pengobatan satu ini diduga merupakan prosedur penyembuhan paling tua yang masih dipraktikkan hingga saat ini -- dengan metode yang berbeda.

Pengeboran tengkorak atau yang dikenal dengan sebutan 'Burr Holling', populer dipraktikkan pada zaman Hippocrates dan awal peradaban Yunani.

Dahulunya orang-orang Yunani percaya bahwa sakit kepala diakibatkan oleh adanya 'air' dalam jumlah besar di dalam kepala yang menyebabkan adanya ketidakseimbangan fungsi tubuh.

Maka, dilakukanlah 'pengeboran' kepala untuk mengeluarkan air tersebut. Dalam praktik kedokteran modern proses ini masih tetap digunakan hanya saja dengan metode yang berbeda.

Sekarang praktik melubangi batok kepala dilakukan untuk mengeluarkan sejumlah besar darah yang terjebak di tengkorak akibat trauma parah atau kecelakaan.

3. Pembakaran Daging

10 Tindakan Medis 'Bar-bar' yang Masih Dijalankan Hingga Saat ini (Listverse.com)

Bagi para ahli bedah, pembakaran daging merupakan hal yang sudah sering dilakukan. Membakar daging atau cautery, dilakukan untuk menghentikan aliran darah pada bagian tubuh yang terluka.

Cautery dilakukan dengan menggunakan elektroda genggam yang dialiri arus listrik, ditempelkan pada luka untuk menghancurkan lapisan mikroskopis protein dan memastikan pembuluh darah tetap tertutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemasangan Tabung di Otak hingga Radiasi Pembusukan

4.  Memasang Tabung Melalui Otak

10 Tindakan Medis 'Bar-bar' yang Masih Dijalankan Hingga Saat ini (Listverse.com)

Tabung dimasukkan ke dalam bagian terdalam otak sebagai proses pemulihan. Penyakit seperti penumpukan tekanan di dalam tengkorak atau hidrosefalus.

Praktik ini tidak akan dilakukan dalam keadaan normal. Biasanya, metode memasukkan tabung melalui otak merupakan cara terakhir yang digunakan untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

5. Memasukkan Tabung dalam Tenggorokan

Dulu, jika seseorang kesulitan bernafas akibat suatu benda atau penyakit yang diderita, petugas medis akan memasukkan sebuah tabung ke dalam tenggorokannya untuk membantunya kembali bernafas normal.

Memang terdengar mengerikan, membayangkan sebuah tabung silinder dimasukkan secara paksa ke dalam saluran pernafasan Anda. Namun cara tersebut terbukti efektif dan masih digunakan hingga saat sekarang.

6.  Radiasi Pembusukan

10 Tindakan Medis 'Bar-bar' yang Masih Dijalankan Hingga Saat ini (Listverse.com)

Kanker merupakan penyakit dengan proses penyembuhan tersulit di dunia. Biasanya penyakit mematikan tersebut dapat diobati dengan kemoterapi, operasi, atau terapi radiasi (radiotherapy).

Radiotherapy adalah radiasi mematikan yang dipusatkan pada titik penyakit. Sinar tersebut menyebabkan jaringan yang dibidik membusuk atau hancur dengan sendirinya.

Menggunakan terapi radiasi ini memiliki efek samping, yaitu dapat merusak organ lainnya jika dilakukan dengan tidak hati-hati.

3 dari 3 halaman

Pencongkelan Lutut hingga Amputasi

7.  Eksplorasi Rongga

Dengan berkembangnya teknologi medis, kini banyak alat yang dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan tubuh, seperti penggunaan CT scan dan MRI.

Namun jika pemeriksaan menggunakan alat telah dilakukan dan pasien tetap merasa ada yang salah dengan tubuhnya, maka operasi ekplorasi rongga akan dilaksanakan.

Para dokter bedah akan membelah bagian tubuh dan melihat secara manual bagian tubuh mana yang bermasalah.

8. Mencongkel Lutut

10 Tindakan Medis 'Bar-bar' yang Masih Dijalankan Hingga Saat ini (Listverse.com)

Bidang medis cenderung untuk melakukan banyak 'kekerasan' terhadap bagian lutut seseorang. Salah satu contohnya dengan mencongkel bagian tersebut menggunakan jarum besar.

Prosedur pengobatan bar-bar yang disebut 'intraosseous cannulation', menggunakan jarum besar yang ditusukkan ke dalam lutut untuk memberikan obat langsung ke sistem darah.

Metode pengobatan ini digunakan sebagai alternatif  penyuntikan obat langsung ke pembuluh darah.

9. Menarik 'Paksa' Sendi ke Posisi Semula

Menarik paksa persendian untuk mengembalikannya ke dalam posisi semula, merupakan cara tradisional pemulihan keseleo yang hingga saat ini masih digunakan bahkan dalam bidang kedokteran.

Tulang digabungkan bersama di persendian oleh sistem ligamen (jaringan elastis) rumit yang disokong oleh otot-otot.

Saat kecelakaan terjadi, persendian 'dipaksa' keluar dari jaringan ligamen dan mungkin patah. Salah satu cara yang paling efektif untuk menyelaraskan kembali persendian adalah dengan menarik paksa bagian tersebut.

10. Amputasi

Amputasi merupakan metode penyembuhan kuno bar-bar yang masih digunakan hingga saat ini dalam bidang kedokteran.

Amputasi dilakukan untuk menyelamatkan bagian tubuh dengan memotong bagian yang telah terinfeksi dan tidak bisa diselamatkan lagi.

Melakukan pemotongan anggota tubuh ini harus dengan pemetaan tulang, sendi, saraf, dan pembuluh darah yang sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.