Sukses

Akhiri Masa Tugas di Indonesia, Dubes AS Mendaki Semeru

Di Semeru, Dubes Blake ternyata dikenali oleh masyarakat lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake , segera mengakhiri masa jabatannya. Pria asal Boston ini sudah bertugas selama tiga tahun di Tanah Air.

"Saya akan segera meninggalkan Jakarta, Ini adalah minggu terakhir di Jakarta," ucap Blake dalam pertemuan dengan sejumlah media hari ini di kantornya, Senin (11/7/2016).

Menjelang selesainya masa jabatannya, banyak hal yang dilakukan Dubes Blake. Salah satunya, mendaki Gunung Semeru.

Di gunung tertinggi di Jawa Timur ini, Blake menemukan kejadian menarik, yaitu beberapa warga lokal di sana mengenal dirinya karena sempat bermain sinetron.

"Dua minggu lalu saya mendaki Gunung Semeru bersama beberapa teman saya. Saya bertemu penduduk lokal, mereka mengenal saya dan bertanya, 'Anda pernah bermain sinetron kan," kata Dubes Blake.

"Pengalaman itu sangat menarik mereka mengenal saya karena sempat bermain sinetron. Tapi mereka juga mengenal saya sebagai Duta Besar Amerika," ujarnya.

Dia menambahkan, seusai mengemban tugas di Indonesia, ia memutuskan untuk pensiun dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

"Saya akan pensiun dari tugas diplomatik saya. Namun, saya tidak akan duduk di rumah. Saya akan mencari pekerjaan," tuturnya.

Selain itu, Blake mengatakan, selama ia bertugas Indonesia ia banyak mendapat pengalaman berharga.

Yang paling istimewa menurut dia adalah ketika dirinya datang ke Gedung Putih untuk menemani Presiden Barack Obama bertemu Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

"Pengalaman paling mengesankan adalah saat saya berada di Gedung Putih dan duduk bersama Presiden Obama serta Presiden Joko Widodo, saat Presiden Jokowi melakukan lawatan resmi ke AS, itu yang paling mengesankan," kata dia.

Dia pun berharap di masa depan hubungan AS-Indonesia yang sudah ada di jalur yang tepat, bisa meningkat. Tak hanya itu, dia juga menginginkan di masa depan, warga AS semakin sadar bahwa Indonesia adalah mitra pentingnya dalam berbagai bidang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini