Sukses

Upaya Gigih Pencari Suaka Menjadi 'Manusia Koper'

Sejak 30 Mei ada lebih dari 3.400 orang mencoba memasuki Ticino yang menjadi tempat kejadian temuan koper ini.

Liputan6.com, Ticino - Para pengguna jasa angkutan kereta api di Swiss dikejutkan oleh tingkah seorang pria berusia 21 tahun yang kedapatan mengeluarkan diri dari dalam koper yang ditinggalkan di platform.

Dikutip dari CNN pada Senin (11/7/2016), petugas perbatasan Swiss mengunggah sebuah rekaman video pengawas stasiun kereta api Swiss yang berada dekat perbatasan dengan Italia.

Seorang petugas kemudian membuka retsleting koper dan keluarlah seorang pria bertubuh tinggi yang berasal dari Eritrea. Ia sengaja masuk dalam koper sebagai upaya menyelundupkan diri dari Italia ke Swiss.

Ada lebih dari 220 ribu migran telah memasuki Eropa pada 2016. Kebanyakan dari mereka melakukan perjalanan berbahaya melalui jalur laut. Tahun ini saja ada sekitar 3.000 orang meninggal dunia ketika menyeberangi Laut Tengah.

Kejadian temuan 'manusia koper' ini menggambarkan betapa gigihnya upaya para pencari suaka, bukan hanya untuk masuk Eropa tapi juga upaya menuju ke utara, ke beberapa negara yang dianggap lebih ramah kepada para pengungsi.

Menurut laporan sejumlah berita yang mengutip adminstrasi pabean federal Swiss, sejak 30 Mei ada lebih dari 3.400 orang mencoba memasuki Ticino yang menjadi tempat kejadian temuan koper ini.

Pria dalam koper tersebut telah dipulangkan ke Italia.

Simak aksi manusia dalam koper di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.