Sukses

Paduan Suara Anak Indonesia, TRCC, Raih Juara 1 di Italia

TRCC maju ke babak final dengan mengenakan kostum berwarna hijau bernuansa tradisional Papua, membawakan lagu Yamko Rambe Yamko.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok paduan suara anak-anak usia 9-17 tahun asal Indonesia, The Resonanz Children Choir (TRCC), meraih gelar juara 1 dan Grand Prix No 1 dalam kompetisi paduan suara bergengsi Claudio Monteverdi International Festival and Competition yang berlangsung di Venice, Italia.

Mereka meraih gelar tersebut dalam kategori Children's and Youth Choir. Kompetisi tersebut diselenggarakan sejak 7 hingga 10 Juli 2016.

Kelompok paduan suara yang dipimpin oleh konduktor Devi Fransisca itu berhasil mencuri hati para juri dengan membawakan sejumlah lagu. Salah satunya adalah lagu daerah Indonesia.

TRCC maju ke babak final pada Sabtu, 9 Juli kemarin dengan mengenakan kostum berwarna hijau yang merupakan pakaian tradisional Papua. Kelompok paduan suara anak-anak itu tampil membawakan lagu Yamko Rambe Yamko, hasil aransemen Agustinus Bambang Jusana.

Dalam sebuah rekaman video, terlihat anak-anak itu bernyanyi dengan merdu, sambil menarikan  tarian khas suku Dayak Papua. Sesaat setelah mereka tampil, tepuk tangan pun menggema ke seantero ruangan.

Paduan suara yang terdiri dari 48 anak itu berhasil meraih nilai 94.2 dari para juri dan memperoleh juara pertama kategori Children's and Youth Choir 2016.

TRCC merupakan kelompok paduan suara yang dibentuk pada tahun 2007. Mereka merupakan bagian dari sekolah musik The Resonanz Music Studio yang dipimpin oleh Avip Priatna Mag. Art.

Kemenangan yang mereka raih di Venice bukanlah momen pertama anak-anak berbakat tersebut berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Menurut catatan kemenangan TRCC yang dikutip dari Theresonanz.com, Minggu (10/7/2016), kelompok paduan suara itu juga pernah menjuarai beberapa kompetisi internasional lainnya, seperti di Hong Kong dan San Fransisco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.