Sukses

Anggur Termahal Sedunia, 30 Butir Seharga 'Cuma' Rp 143 Juta

Rumah lelang di Jepang mencatatkan sejarah baru lagi setelah berhasil melelang satu ikat buah anggur merah berisikan 30 butir,

Liputan6.com, Ishikawa- Orang Jepang menganggap buah anggur sebagai sebuah simboll. Pasalnya, keistimewaan buah anggur, terutama yang berjenis Ruby Romawi membuat harganya sangat mahal. 

Melansir  Telegraph, Jumat (8/7/2016), rumah lelang di Jepang mencatatkan sejarah baru lagi setelah berhasil melelang satu ikat buah anggur merah berisikan 30 butir dengan harga fantastis, yaitu 1,1 juta yen atau sama dengan Rp 143 juta.

Anggur Ruby Roman Jepang hanya dikembangbiakkan di Ishikawa Prefecture di Jepang.  Buah anggur ini tumbuh besar hampir seperti bola tenis meja. Harganya dijual dengan bandrol US$ 6.400 atau Rp 77,83 juta per ikat. (www.independent.co.uk)

Ini berarti, setiap butir sebesar bola ping pong dengan berat masing-masing 20 gram, dihargai 270 yen atau kurang lebih Rp 4,6 juta. Setiap butirnya juga mengandung 18% gula sehingga rasa manisnya pas. 

Buah anggur berjenis Ruby Romawi tersebut merupakan hasil panen hari pertama musim ini. Kualitasnya yang segar merupakan hasil dari tanah dan udara di Prefektur Ishikawa, Jepang bagian tengah. 

Seperti yang dipaparkan lewat situs resmi Ruby Romawi di Prefektur Ishikawa, proses kultivasi pertama kali dilakukan pada tahun 1992 silam.

Pada saat itu, biji Fujiminori dikultivasi atau ditaburkan sampai akhirnya tumbuh dan berkembang menjadi Ruby Romawi. Nama Ruby Romawi sendiri diresmikan pada tahun 2004 yang kemudian mulai dijual secara bebas pada tahun 2008. 

Harga kian meningkat setiap tahunnya, membuat banyak orang sadar bahwa buah ini memang betul istimewa seperti yang selama ini dinilai oleh warga Jepang. 

Semangka dan beberapa buah lainnya juga dianggap penting dan menyimbolkan status di Jepang.  (sumber: The Hindu)

Selain anggur Ruby Romawi, buah-buah lainnya seperti apel dan semangka juga mempunyai makna tersendiri. Contohnya melon, dinilai menyimbolkan sebuah status, sama halnya dengan minuman anggur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini